Mohon tunggu...
Irvando Damanik
Irvando Damanik Mohon Tunggu... Mari hidup Cerdas di era Industry 4.0

mari berbagi sekalipun hanya dari pikiran

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Layanan Cerdas Tanpa Batas, J&T Express Berbasis Industry 4.0

13 Desember 2019   18:40 Diperbarui: 13 Desember 2019   18:53 307 1 0 Mohon Tunggu...
Layanan Cerdas Tanpa Batas, J&T Express Berbasis Industry 4.0
(https://idcloudhost.com/mari-mengenal-apa-itu-internet-thing-iot/)

Perubahan pola hidup manusia merupakan salah satu hal yang pasti akan terjadi seiring dengan berjalannya waktu. Populasi yang semakin meningkat, kondisi alam yang berubah, dan tentunya perkembangan teknologi yang akhir-akhir ini luar biasa, memaksa manusia mau tidak mau harus beralih memasuki era -- Digitalisasi. 

Teknologi yang hadir melalui digitalisasi merupakan solusi tepat atas permasalahan yang dihadapi manusia dalam kegiatan sehari-harinya untuk memberikan keuntungan dalam hal efisiensi waktu, low operation cost, layanan cepat dan handal serta kemudahan untuk mendapatkan informasi serta memberikan respon dalam waktu yang cecpat.

Revolusi Industri generasi ke -4 yang sering kita dengar dengan istilah "Industry 4.0" memang sedang digalakkan di seluruh dunia khususnya di Indonesia. Industry 4.0 secara sederhana dipahami sebagai industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. 

Ini merupakan tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur. Ini termasuk sistem cyber-fisik, Internet of Things (IoT), komputasi awan dan komputasi kognitif.

Implementasi industry 4.0 ini sudah dapat kita lihat dibanyak aplikasi umum digunakan seperti smart lighting, smart home, pemesanan makanan online, pemesanan driver online, pemesanan tiket online dan pemesanan berbasis online lainnya yang setiap hari muncul ditengah-tengah kehidupan manusia. 

Bahkan beberapa industri sudah menerapkan line production berbasis IoT untuk meningkatkan layanan mereka dalam hal kualitas produk yang dihasilkan, delivery time kepada konsumen, lower operation cost dan efektivitas serta produktivitas perusahaan.

(https://customvideosecurity.com/research/case-study-uniview-jt-express-vietnam/)
(https://customvideosecurity.com/research/case-study-uniview-jt-express-vietnam/)
Investasi yang digelontorkan untuk penerapan industry 4.0 berbasis IoT memang bukanlah sedikit. Tapi melihat tingginya manfaat dan keuntungan yang didapatkan maka sudah seharusnya para pelaku industry diedukasi untuk beralih pada penggunaan teknologi berbasis 4,0 untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan mereka serta produktivitas secara keseluruhan.

Demikian halnya dengan layanan di bidang logistik sekarang ini. Implementasi Industry 4.0 sangat tepat untuk diterapkan mengingat kompleksitas yang terdapat dalam hal pelayanan pada bidang logistik ini. J&T Express yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman ekspres, merupakan salah satu contoh yang sudah memanfaatkan kemajuan teknologi digital berbasis industry 4.0 dalam menjalankan roda pelayanannya. 

Dengan luasnya daerah yang dilayani yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Sumatera hingga Papua, J&T Express membangun suatu sistem berbasis internet sebagai implementasi industry 4.0 untuk menjangkau seluruh konsumen yang dilayani setiap harinya. 

Semua informasi yang penting khususnya untuk pelanggan disediakan pada dashboard utama yang dapat diakses pada http://www.jet.co.id/, sehingga konsumen memang mendapat kemudahan saat akan menggunakan jasa J&T Express untuk mengantarkan barang yang akan dikirim.

(http://www.jet.co.id/)
(http://www.jet.co.id/)
Sistem digital memang memberikan banyak kemudahan bagi kita semua, baik dari penyedia jasa maupun pengguna jasa tersebut. Hal utama yang menjadi perhatian dalam memberikan layanan kepada pengguna jasa adalah ketika pertama sekali suatu aplikasi/web mudah untuk diakses dan tidak ribet (user friendly) dalam hal penggunaannya. J&T Express mewujudkan paket layanan kepada Customer melalu aplikasi yang sangat menarik dan mudah diakses lewat internet. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN