Mohon tunggu...
Irmina Gultom
Irmina Gultom Mohon Tunggu... Apoteker - Apoteker

Pharmacy and Health, Books, Travel, Cultures | Author of What You Need to Know for Being Pharmacy Student (Elex Media Komputindo, 2021) | Best in Specific Interest Nominee 2021 | UTA 45 Jakarta | IG: irmina_gultom

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Singgah di Menara Pandang Tele

20 April 2020   14:57 Diperbarui: 20 April 2020   14:57 449
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemandangan lembah dari Tele (Dokpri)

Ini masih cerita tentang perjalanan saya waktu pulang kampung akhir tahun 2019 lalu. Kalau pembaca sekalian pernah mengikuti tulisan-tulisan saya, tentunya sudah tahu dimana lokasi kampung saya? Well, lebih tepatnya sih kampung orangtua saya, karena sebetulnya saya sudah kelahiran Jakarta. Hehehe

Kebetulan sekali acara pulang kampung kemarin diikuti oleh rombongan dari keluarga Mama yakni keluarga besar Hutahaean, karena memang kami mengadakan acara syukuran di kampung Hutahaean yaitu Lumbanrihit di Laguboti.

Jadi setelah acara syukuran selesai, tanggal 29 Desember saya dan sebagian rombongan (karena sebagian lainnya pergi ke kota lain) memulai perjalanan ke Onan Runggu di Pulau Samosir untuk tahun baruan di rumah Ompung sekaligus menengok Ompung Doli yang saat itu sedang sakit (dan kini sudah almarhum).

Setelah diskusi panjang lebar, kami memutuskan untuk tidak menyeberang lewat Danau Toba dengan pertimbangan, pastilah antrian mobil yang akan menumpang kapal feri akan sangat panjang. Maklum, kalau liburan natal-tahun baru biasanya halak hita dari tanah perantauan akan berbondong-bondong pulang kampung. Membayangkannya saja sudah ngeri kali!

Oleh sebab itu, kami putuskan untuk lewat jalan darat melalui Tele. Sekalian supaya kami bisa keliling-keliling dan singgah di beberapa tempat wisata seperti Salib Kasih di Tarutung yang seumur-umur belum pernah saya kunjungi meskipun saya sudah bolak-balik Jakarta-Sumatera Utara. Tapi cerita tentang Salib Kasih saya tulis di artikel lain saja ya!

Singkatnya setelah kami berkunjung dari Salib Kasih, kami berencana untuk langsung melanjutkan perjalanan. Namun karena hari sudah terlalu sore, pastinya kami akan sampai di daerah Tele menjelang malam. Berhubung katanya jalan Tele itu agak seram karena berkelok-kelok di tepi jurang, akhirnya kami memutuskan untuk menginap di sekitar Dolok Sanggul dan melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Well, jujur saya agak excited dan penasaran dengan perjalanan ini karena merupakan pengalaman pertama kalinya saya melewati Tele yang terkenal seram itu. Maklum, kalau saya ke Onan Runggu biasanya saya duduk santai di atas kapal penumpang atau kapal feri yang menyeberangi Danau Toba.

Jalan Tele dari atas menara (Dokpri)
Jalan Tele dari atas menara (Dokpri)
Setelah kurang lebih dua jam perjalanan, rombongan kami yang terdiri dari tiga mobil memasuki wilayah Tele. Semakin lama jalanan semakin menanjak dan berkelok-kelok. Di satu sisi bukit, di sisi lainnya jurang. Tapi jujur, menurut saya pribadi jalanan ini tak seseram yang diceritakan orang-orang. Tapi mungkin karena memang kami melewatinya saat siang hari sehingga jarak pandang sangat baik karena cahaya yang cukup. Meski demikian, sesekali kami dilewati oleh kabut juga. Terbayang sih kalau lewat jalan ini saat malam. Sudah penerangannya kurang, ditambah kabut dan jalan berkelok-kelok dengan tepian jurang pula. Hiyyy!

Kalau diperhatikan, kelihatannya jalan Tele ini memang sudah diperbaiki sehingga terasa mulus, serta dilengkapi pagar pembatas di sisi jurang sehingga lebih aman. Saya ingat dulu banyak saudara yang mengatakan kalau jalan Tele kurang bagus dan rawan longsor, sehingga mobil yang lewat harus berjalan pelan dan hati-hati.

Selain itu saya perhatikan juga kalau di beberapa titik jalan ini, telah dibuat area kecil untuk beristirahat dan duduk-duduk. Tentunya lokasinya cukup strategis dari segi pemandangan. Dengan catatan tidak ada kabut loh ya..

Singgah di Menara Pandang Tele

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun