Mohon tunggu...
Irma Susan
Irma Susan Mohon Tunggu... Mompreneur

Saya seorang Ibu Rumah Tangga yang masih bekerja pada kementerian PUPR, juga menjalankan Usaha Keluarga berupa Perusahaan Jamu Tradisional PJ Anugerah Jaya dan Bisnis MCI. Basic keduannya merupakan bidang Kesehatan dan Kecantikan. Ketika sekolah saya sangat menyukai kegiatan menulis dan itu tersalur ketika saya menjadi bagian dari Redaksi Majalah Mir'ah lalu lanjut pada Harian Metro Babel Pangkalpinang. Saya juga berkesempatan menjadi penyiar radio lokal di Kebumen. Beberapa karya yang dibukukan saya mengikuti penulisan bersama dalam Antologi. Melalui Kompasiana ini, saya berharap setiap hari saya bisa mencurahkan ide-ide lewat tulisan yang original.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

5 Manfaat Meditasi bagi Kesehatan

9 April 2021   13:16 Diperbarui: 9 April 2021   13:32 28 2 0 Mohon Tunggu...

Setiap hari kita diterpa berbagai hal, untuk menghadapi hari dengan pikiran dan perasaan yang lebih rileks, cobalah lakukan Meditasi Kesehatan selama 10 menit di pagi hari dan malam hari. Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, meditasi juga sangat dianjurkan untuk merawat kesehatan mental. Kondisi stres dapat diterapi dengan Meditasi sehingga Anda lebih rileks. 

Meditasi merupakan satu dari beberapa teknik relaksasi. Kita bisa melakukannya dengan cara melatih konsentrasi dan focus pikiran untuk mendapatkan ketenangan hati dan pikiran. Alktivitas meditasi ini dapat dilakukan dalam waktu relative singkat. 

Meditasi dapat dilakukan di alam terbuka maupun dalam ruangan. Jika berkesempatan bermeditasi di alam terbuka anda bisa memilihnya di tepi pantai dengan  mendengarkan suara ombak dan kicauan burung, dapat juga di tepi danau yang lebih sunyi, atau juga pada perbukitan dengan hamparan bunga maupun tanaman lain yang memberikan nuansa kesegaran. Nah, jika harus di rumah saja itupun tidak masalah. Lakukan meditasi singkat bisa di teras rumah atau bahkan dari kamar tidur saja, tempat manapun yang menurut anda bisa melakukannya dengan konsentrasi dan leluasa. 

Cara melakukan meditasi sangatlah mudah. Anda dapat memulainya dengan duduk dalam posisi yang nyaman dan postur tubuh yang tegak, kemudian atur napas, dan fokus pada detak jantung atau rasakan sensasi udara yang mengalir saat menarik dan mengembuskan napas. Anda juga bisa memusatkan perhatian pada suara di sekitar anda misalnya suara kicauan burung, gemericik Aquarium, tetesan air hujan atau musik relaksasi yang anda putar. 

Isi :

Ada beragam manfaat meditasi lain yang dapat diperoleh, jika Anda melakukannya secara rutin. Manfaat Meditasi Kesehatan antara lain :

1. Meditasi Kesehatan ini dapat melatih konsentrasi
Dengan teknik Mindfulness meditation yang berfokus pada perhatian dan kesadaran diri secara penuh. Praktik ini bisa melatih pikiran Anda untuk lebih fokus terhadap kondisi dan situasi yang sedang anda rasakan saat ini dan menerimanya secara terbuka. Latih konsentrasi dan biarkan otak anda bersinergi dengan hati untuk menggerakan tubuh seperti yang anda inginkan, tanpa anda mengeluarkan tenaga. Perhatikan apa yang terjadi dalam 3-4 menit. It's amazing of you.


2. Mengolah Pikiran dan Perasaan
Dengan meditasi kita bisa mengolah pikiran dan perasaan seperti yang kita mau (Self Hypnosis) untuk membantu diri sendiri dalam mengenali perasaan yang tersembunyi atau pikiran alam bawah sadar yang terkadang mengganggu tetapi tidak disadari secara langsung oleh diri kita dan mengatasi gangguan emosi. Saat anda sudah mulai merasakan rileksasi terdalam, itu artinya anda sudah berada dalam alam bawah sadar anda sendiri. Cobalah untuk terus menikmati sensasi tersebut dan jangan sampai keluar dari sana atau terbangun secara tiba-tiba. Ingat, pastikan anda dalam kondisi rileks. Saat anda berada di tahap ini, anda mulai bisa mengeluarkan sugesti ke diri anda sendiri.


3. Menarik energi Positif dan mengeluarkan energi negatif.
Selain mengatur pernafasan, mintalah pada semesta untuk mengalirkan energi atau aura positif dalam tubuh kita. Pejamkan mata dengan lembut, tarik nafas perlahan dan dalam melalui hidung, lalu hembuskan perlahan dari mulut. Anda mulai dapat merasakan sensasi nikmatnya saat energy positif mengalir dalam tubuh anda dan apabila telapak tangan terasa seperti kesemutan halus jangan berhenti konsentrasi dan terus lakukan. Ulangi kembali pengaturan nafas, inhale dan exhale. Rasakan jiwa dan raga anda lebih segar.  


4. Afirmasi Positif
Kita dapat juga menafirmasi positif diri kita dan nyatanya sungguh lebih terasa meyakinkan atas apa saja afirmasi kita. Hal ini dapat anda lakukan saat anda berada di tahap rileksasi terdalam, anda bisa mengeluarkan sugesti ke diri anda sendiri dengan afirmasi-afirmasi positif, apapun keadaan yang anda inginkan.

Bersyukur kepada Allah SWT atas seluruh nikmat-Nya adalah komponen utama dalam ketenangan jiwa. Dengan ketenangan jiwa, raga kita menjadi lebih sehat. Menghadapi tantangan berbagai hal sehari-hari jadi lebih siap dan sigap. Karisma diri pun terpancar lebih damai. Anda dapat melakukannya setelah beribadah pagi dan sebelum tidur di malam hari. Rasakan manfaatnya bagi diri anda setelah tiga puluh hari rutin melakukannya.

Salam sehat, semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x