Mohon tunggu...
Irma RatnaSari
Irma RatnaSari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Music

Rich Brian, Pemuda Bertalenta Indonesia yang Kini Menjadi Rapper Dunia

15 September 2022   12:10 Diperbarui: 15 September 2022   12:12 57 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Brian Imanuel Soewarno atau lebih dikenal dengan nama panggung Rich Brian  merupakan salah satu rapper asal Indonesia yang saat ini berkarir di Amerika. Rich Brian lahir di Jakarta, 03 September 1999 dan merupakan anak dari pasangan Heru Soewarno dan Megawati Purnomo. Karena kesibukan kedua orangtuanya dalam mengurus bisnis, brian diharuskan menempuh pendidikan homeschooling sejak kelas 2 SD.

Banyaknya waktu luang yang brian dapatkan ketika homeschooling, ia manfaatkan untuk menonton berbagai video dari YouTube. Mulai dari  tutorial menyelesaikan rubik dengan cepat hingga akhirnya brian mulai tertarik mendengarkan musik hip hop dari barat, dari situlah brian belajar berbahasa inggris secara otodidak. Brian mulai belajar rap dan memberanikan diri untuk mengcover lagu kemudian mengunggahnya di akun channel YouTube miliknya. Setelah mengcover beberapa lagu, akhirnya Brian merilis lagu pertamanya berjudul Living dream rilis pada tanggal 17 Juli 2015 yang di produksi oleh DJ Smokey.

Namanya melambung ketika lagu keduanya yang berjudul dat stick viral. Hingga saat ini, video yang rilis pada tanggal 22 Februari 2016 tersebut sudah ditonton sebanyak 205 juta kali dan terus bertambah. Dari situlah brian mulai dilirik oleh agensi 88 Rising,  salah satu label musik yang menaungi banyak artis berbakat dari Asia. Melalui 88 Rising, Rich Brian telah berhasil menggelar konser pertamanya di Los Angeles, Amerika Serikat pada tahun 2017.

Rich Brian merupakan salah satu pemuda yang berani merambah dunia dengan karyanya sendiri. Melalui kesuksesannya berkarir, Brian bersama keluarganya diundang oleh Presiden Joko Widodo untuk berkunjung di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Juli 2019 lalu. Dengan mengenakan baju batik Brian datang untuk bertemu dengan pak jokowi, tak hanya mengobrol soal musik, Brian pun diajak untuk melihat kambing peliharaan yang ada di Istana Bogor.

Rich Brian berhasil menjadi orang Asia pertama dalam sejarah yang berhasil meraih posisi puncak 1 di iTunes Hip Hop Chart. Brian juga masuk dalam Majalah Forbes 33 Anak Muda yang berprestasi dibawah 30 tahun.

Rich Brian menjadi salah satu pemuda yang memanfaatkan media dengan baik hingga dia sukses ke kancah internasional sampai sekarang ini. Wah keren banget yaaaa, perlu kita contoh nih untuk memanfaatkan media yang ada dengan sebaik baiknya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan