Mohon tunggu...
Irhamna  Mjamil
Irhamna Mjamil Mohon Tunggu... Apoteker - A learner

Pharmacist | Skincare Enthusiast | Writer Saya bisa dihubungi melalui email : irhamnamjamil@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Menorrhagia, Penyakit yang Memaksaku untuk Diet

20 Februari 2021   14:07 Diperbarui: 20 Februari 2021   20:15 2593
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto oleh Li Sun dari Pexels.com

"Bukan hanya aku, pasti kamu juga mengira usia muda berarti tidak gampang terserang penyakit. Di pemikiran banyak orang, penyakit di usia muda paling-paling hanya demam atau sakit kepala. Cerita hidupku ini semoga bisa menyadarkan kamu bahwa penyakit tidak pandang usia. Oleh karena itu, yuk mari perbaiki gaya hidup!" 


Dia Datang tanpa Mengucapkan Salam

Bukan penyakit namanya jika datang dengan mengucapkan salam terlebih dahulu. Meskipun secara medis, tubuh kita akan memberikan sinyal jika penyakit ada di dalam tubuh. Namun, tak banyak orang yang menyadarinya.

November 2019, tubuhku sudah memberikan sinyal jika ada yang salah dengan siklus haid. Selama 23 tahun hidup, tamu bulanan selalu datang sesuai dengan siklus yang ada. Namun, saat itu tamu bulanan tak hadir juga di bulan November. Saat itu aku berpikir mungkin saja aku sedang stres. 

Desember 2019, aku kira tamu itu akan datang. Ternyata aku tetap salah, aku juga tidak haid di bulan desember. Saat itu sudah ada kekhawatiran dan berniat untuk berobat ke dokter. Sayangnya rasa takut membuatku tak jadi berobat ke dokter. 

Januari 2020, di saat aku memutuskan akan ke dokter jika tamu bulanan tak datang. Beruntung, aku mendapatkan haid di bulan ini. Aku mengira mungkin dua bulan kemarin aku stres sehingga, tamu bulanan tak hadir. 

Periode haid seseorang normalnya berada dalam rentang 3-7 hari. Pada kondisiku di hari ke-sepuluh, darah haid tetap keluar dengan derasnya. Saat itu aku berpikir mungkin karena sudah dua bulan tak datang sehingga periode haid lebih lama dari biasanya. 

Hari ke-limabelas ternyata masih sama. Darah haid seperti darah segar dan volumenya tidak berkurang. Berhubung karena tidak tahan lagi, maka aku memutuskan untuk konsumsi asam traneksamat. Asam traneksamat adalah tablet yang digunakan untuk menghentikan pendarahan. 

Sesudah mengonsumsi asam traneksamat, darah haid mulai sedikit hingga akhirnya berkurang. Ternyata dua minggu kemudian, aku kembali mendapatkan haid. 

Haid kali ini benar-benar membuat badan lemas dan kurang bertenaga. Hal ini dikarenakan hingga hari ke-dua puluh sejak hari pertama haid datang, darah yang dihasilkan berwarna merah segar dan banyak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun