Mohon tunggu...
Irfan rahmanu
Irfan rahmanu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang mahasiswa semester 3

Belajar bersyukur dan selalu mencoba hal baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perubahan Gaya Kepemimpinan di Indonesia

28 Oktober 2021   18:05 Diperbarui: 28 Oktober 2021   18:18 210 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemimpin merupakan seseorang yang memegang kekuasan di suatu wilayah, serta seseorang pemimpin biasanya memiliki tugas-tugas tertentu, baik mengatur dan mengawasi daerah kekuasaannya agar tercapainya tujuan yang diinginkan. 

Indonesia merupakan negara besar yang terdiri dari banyak pulau, sehingga tak heran melahirkan banyak sosok seorang pemimpin, mulai dari kesultanan bahkan sampai kerajaan, namun indonesia mengalami perubahan dalam masalah kepemimpinan mulai dari era kesultanan dan kerajaan menjadi pemerintahan yang dipimpin oleh seorang presiden.

Ir.soekarno merupakan orang pertama yang diangkat menjadi seorang presiden republik Indonesia di bawah kepemimpinan seorang presiden Indonesia mulai berbenah dan menyatukan setiap daerah dengan Pancasila dan UUD 1945. 

Walupun banyak rintangan dan masalah yang dihadapi namun seorang Ir.soekarno tidak pernah menyerah. Dia memiliki jiwa yang optimis dan pantang menyerah serta rela berkorban demi bangsa dan negara.

Soeharto merupakan presiden ke-2 republik indonesia, beliau berasal dari kalangan TNI, maka tak heran gaya kepemimpinan beliau dianggap mengerikan atau yang di kenal dengan otoriter, penunjukan soeharto menuai banyak kontroversi dari berbagai kalangan, dan pada saat pemerintahan soeharto lah banyak perubahan perubahan, mulai dari runtuhnya orde lama dengan orde baru dan meningkatnya kesejahtaeraan masyarakat indonesia. Soeharto juga mantan presiden yang paling lama berkuasa di Indonesia.
 
Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang sering disapa bj habibie merupakan presiden RI ke-3, namun kepemimpinan habibie tidak berlangsung lama, habibie merupakan sosok pemimpin yang membawa perubahan dengan kemahirannya di bidang teknologi.

K.H.Abdurrahman wahid atau yang dikenal Gus Dur merupakan presiden ke-4 indonesia. Gus dur juga melakukan banyak perubahan, serta sangat menghormati adanya perbedaan ras, agama, suku, baik mayoritas maupun minoritas

Megawati Soekarnoputri merupakan presiden perempuan pertama di indonesia, beliau juga merupakan anak dari presiden pertama, presiden ke-5 ini merupakan sosok yang sangat memegang erat paham demokrasi, maka dari itu tak jarang memberikan kesempatan kepada masyarakat kecil untuk berkontribusi dalam pengambilan keputusan pemerintahan.

Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY, merupakan presiden ke-6, beliau juga presiden yang memiliki latar belakang militer sama seperti soeharto. Presiden ke-6 RI ini memiliki karakteristik lembut,cerdas, dan tegas. Dalam kepemimpinan beliau menerapkan gaya demokrasi.

Joko Widodo atau yang akrab disapa jokowi merupakan presiden RI ke-7, beliau merupakan sosok pemimpin yang kharismatik dan transformatif, jiwa beliau yang suka blusukan memberikan motivasi kepada bawahannya agar dapat bekerja dengan baik serta melakukan perubahan yang positif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan