Mohon tunggu...
Muhamad Irfan Prasetyo
Muhamad Irfan Prasetyo Mohon Tunggu... Blogger

Blogger aktif. Penulis artikel bola. Penggemar Sepakbola dan fans setia AC Milan. email: muhirfanpras@gmail.com website: https://prasetyoirfan.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Apa yang Bisa Dinikmati dari Format Baru Liga Champions 2020?

14 Agustus 2020   11:59 Diperbarui: 14 Agustus 2020   12:32 153 11 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa yang Bisa Dinikmati dari Format Baru Liga Champions 2020?
Pemain dan staf pelatih RB Leipzig merayakan kemenangan timnya atas Atletico Madrid dinihari tadi sekaligus memastikan lolos ke babak semifinal Liga Champions. | foto: Julian Finney/UEFA/Getty Images via theguardian.com

UEFA mengubah format fase gugur Liga Champions musim ini. Keputusan ini dibuat akibat dampak pandemi virus corona di Eropa.

Biasanya, Liga Champions akan menggelar laga 2 leg di fase gugur, tiap tim akan bergantian menjadi tuan rumah. Namun, musim ini tradisi itu tak akan terjadi.

Sebelum ditangguhkan pada 13 Maret 2020, Liga Champions tengah memasuki babak 16 besar dan sudah ada 4 tim yang telah menyelesaikan pertandingan leg kedua. Karena format baru Liga Champions 2020 baru berlaku di babak perempat final, maka 4 laga leg 2 di babak 16 besar tetap digelar terlebih dahulu.

8 tim akhirnya lolos ke babak perempat final, yaitu Atletico Madrid, RB Leipzig, Atalanta, PSG, Lyon, Real Madrid, Barcelona, dan Manchester City. Kedelapan tim inilah yang bakal merasakan format "darurat" Liga Champions 2020.

Bagaimana format baru Liga Champions 2020?

UEFA secara resmi mengumumkan perubahan format baru untuk Liga Champions 2020 di laman resminya pada 3 Agustus lalu. Bagaimana format barunya? Simak infografis berikut.

format dan aturan baru Liga Champions 2020. | foto diolah oleh kompasiana.com/irfanpras
format dan aturan baru Liga Champions 2020. | foto diolah oleh kompasiana.com/irfanpras
UEFA juga merevisi aturan di Liga Champions musim ini. Aturan ini direvisi untuk alasan kesehatan dan kebugaran pemain, mengingat pandemi virus corona belum usai dan jadwal pertandingan yang mepet sehingga direvisi-lah aturan tersebut demi menjaga stamina pemain.

Mengapa kota Lisbon, Portugal dipilih? Sebelum itu, UEFA juga membuat perubahan format dan memberlakukan aturan yang sama untuk Liga Europa 2020. Jadi, format dan aturan di atas juga berlaku untuk Liga Europa, bedanya hanya venue-nya saja.

Liga Champions di Lisbon, Portugal. Sementara itu, Liga Europa akan digelar di 4 kota di Jerman. Alasannya, baik Portugal dan Jerman sudah terbukti memiliki penanganan virus corona yang cukup baik dan jumlah kasus positif COVID-19 disana cukup terkendali. Selain itu, fasilitas kesehatan dan venue pertandingan di sana sangat memadai.  

Btw, aturan baru ini sudah terbukti membantu tim dalam Liga Champions dan Liga Europa 2020. Kontestan bisa menyertakan kembali pemain yang baru sembuh dari cedera dan memasukkan pemain baru dari winter transfer, seperti Alexis Sanchez di Inter, Yannick Carrasco di Atletico dan Dani Olmo di Leipzig.

Dampak format baru Liga Champions 2020 dan Hal-hal yang bisa dinikmati dari format baru Liga Champions 2020

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN