Mohon tunggu...
Muhamad Irfan Prasetyo
Muhamad Irfan Prasetyo Mohon Tunggu... Blogger

Blogger aktif. Penulis artikel bola. Penggemar Sepakbola dan fans setia AC Milan. email: muhirfanpras@gmail.com website: https://prasetyoirfan.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Profil Benevento Calcio, Klub "Penyihir" Asuhan Filippo Inzaghi yang Promosi ke Serie A

3 Juli 2020   15:45 Diperbarui: 4 Juli 2020   04:35 642 18 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Profil Benevento Calcio, Klub "Penyihir" Asuhan Filippo Inzaghi yang Promosi ke Serie A
Pemain Benevento merayakan keberhasilan promosi ke Serie A seusai laga melawan Juve Stabia 30 Juni lalu. | foto: twitter Benevento Calcio @bncalcio

Akhir Juni lalu menjadi hari membahagiakan bagi penduduk kota kecil Benevento. Klub sepak bola kebanggaan mereka akhirnya memastikan diri sebagai klub pertama yang promosi ke kompetisi kasta tertinggi sepak bola Italia, Serie A musim depan.

Kepastian ini didapat setelah di giornata 31, klub asuhan Filippo Inzaghi itu menang tipis 1-0 atas Juve Stabia melalui gol yang dicetak Marco Sau. Ya, legenda AC Milan dan timnas Italia, Filippo Inzaghi merupakan pelatih kepala di sana.

Promosinya Benevento Calcio tentu saja langsung dirayakan jajaran manajemen, pemain, hingga pelatih seusai laga. Tak cuma itu, fans dan warga "kota penyihir" langsung merayakan keberhasilan klub kesayangannya itu di jalanan kota dan di rumah-rumah mereka.

Benevento Calcio adalah sebuah klub kecil atau bisa dibilang klub tradisional Italia. Mereka tak punya modal finansial yang mapan. Stadion kandang mereka juga kapasitasnya kecil. Stadio Ciro Vigorito, kandang Benevento hanya berkapasitas efektif, 16.867 kursi.

Namun siapa sangka, klub "kota penyihir" itu berhasil menyihir sepak bola Italia lewat kiprahnya menjuarai Serie B 2019/2020 dengan berbagai catatan impresif. Siapa sebetulnya Benevento ini? Dan catatan apa saja yang membuat mereka spesial? Berikut ulasannya.

Sejarah Benevento Calcio; Awal berdiri hingga lolos ke Serie A

Awal mula dibentuk pada tahun 1929 dengan nama AC Benevento, sebelum berganti nama menjadi Benevento Calcio pada tahun 2005. Pergantian nama ini disebabkan kondisi klub yang bangkrut dan akhirnya dibentuk ulang pada tahun 2005.

Pembentukan ulang itu berbuah manis, dulu mereka hanya bisa malang melintang di kasta terbawah sepak bola Italia. Namun 10 tahun setelah Benevento Calcio terbentuk, mereka berhasil menjuarai Serie C, kompetisi kasta ketiga di Italia.

Gelar itu jadi gelar "berharga" pertama yang bisa dipajang di lemari trofi mereka. Pasalnya untuk pertama kali dalam sejarah klub, Benevento berhasil berpartisipasi ke Serie B, kompetisi kasta kedua dibawah Serie A. Hebatnya, klub kecil itu hanya setahun mentas di Serie B.

Benevento lolos ke Serie A untuk pertama kalinya setelah memenangi laga play-off promosi musim 2016/2017. Keberhasilan ini sangat dirayakan klub, fans, dan warga kota Benevento. Ini dibuktikan dengan penuhnya stadion ketika klubnya berlaga di Serie A.

Sayangnya, Benevento hanya jadi penggembira saja di Serie A musim 2017/2018. Anak asuh Roberto de Zerbi mencatat hasil sangat buruk. Mereka jadi klub dengan start terburuk dalam sejarah 5 liga top eropa. Benevento kalah dalam 14 laga pertama Serie A sebelum akhirnya mencatat poin pertama di bulan Desember 2017.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x