Mohon tunggu...
Irfan Fandi
Irfan Fandi Mohon Tunggu... Buruh - Menulis dan Membaca adalah suatu aksi yang bisa membuat kita terlihat beda dari orang yang disekitar kita

Email : irvandi00@gmail.com || Suka Baca dan Nonton Film || Pekanbaru, Riau || www.irfanfandi.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Membangun Desa Wisata Pasca Pandemi, Bisa Membantu Perekonomian Masyarakat Setempat

2 November 2022   11:30 Diperbarui: 2 November 2022   12:29 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Adira Finance memberikan predikat Desa Ramah Berkendara kepada salah satu desa yang ada di Yogyakarta (sumber foto: Adira Finance)

Kita hidup dan tinggal di sebuah negara yang kaya akan segalanya, baik itu kekayaan alam, keindahan panorama alam, keanekaragaman budaya, kuliner dan bahasanya. Semuanya itu bisa kita nikmati di tanah air tercinta ini yaitu Indonesia.

Adira Finance bersama Kemenparekraf bekerja sama dalam membuat sebuah gebrakan baru dalam satu gerakan membangun Desa Wisata Ramah Berkendara, dan dikemas dengan sangat menarik di program Festival Kreatif Lokal yag bertujuan untuk meningkatkan UMKM yang ada di daerah masing-masing.

Pemerintah telah berupaya sedemikian rupa dalam membangkitkan perekonomian dan pendapatan dalam negeri setelah pasca pandemi. Banyak tempat wisata yang telah menjadi dampak pandemi Covid-19 melanda, terutama pada bidang pariwisata. Dengan masa normalisasi ini pemerintah membuka peluang baru untuk masing-masing daerah memperkenalkan wilayahnya.

Membangun sebuah Desa Wisata hanya memerlukan beberapa elemen penting untuk bisa dikunjungi dan dipromosikan. Desa tersebut memiliki keindahan alam dengan panorama yang bagus, kemudian di lengkapi dengan penampilan atraksi budaya lokal yang mewakili desa tersebut untuk lebih dikenal oleh banyak orang.

Tidak hanya itu saja, Desa itu juga bisa memperkenalkan kuliner yang terkenal dan sering menjadi ikon dari daerah tersebut. Hal ini juga dapat membantu peningkatan pergerakan kegiatan UMKM yang memiliki tujuan untuk menghidupkan kembali perekonomian dari warga setempat.

Sudah banyak contoh daerah yang berhasil memperkenalkan daerah desanya menjadi tempat wisata. Sebut saja Desa Wisata Tamansari, Desa Wisata Dewi Mulia, Desa Wisata Lerep, Desa Wisata Kubu Gudang dan masih banyak lagi.

Masing-masing desa wisata menampilkan banyak keunikan dari tempatnya, baik itu keindahan alam, kuliner, budaya, penampilan kesenian berupa tarian dan musik yang ada didaerah tersebut. Dengan adanya kegiatan Desa Wisata ini dapat membuka banyak lapangan pekerjaan yag baru dan menghidupkan kembali penggiat UMKM yang ada.

Program yang dibuat oleh Adira Finance bersama Kemenparekraf dalam membantu membangkitkan perekonomian setelah masa pandemi melanda. Saat ini sduah banyak kembali para turis local dan luar negeri yang ingin datang kembali ke Indonesia untuk bisa menikmati masa liburan dengan keindahan alam dan keaneragaman budaya yang dimiliki oleh negeri ini.

Kita semua berharap bahwa dengan adanya gebrakan dan kreatifitas baru dalam membantu perekonomian masyarakat ini sangat perlu didukung oleh semua orang. Dengan adanya kerjasama yang solid kita semua bisa bangkit jauh lebih baik dan terus meningkatkan apa yang kita miliki untuk menjadi sebuah penghasilan. Mari kita dukung kegiatan yang dibuat oleh Adira Finance bersama Kemenparekraf saat ini.

Salam Inspirasi, Irfan Fandi

Pekanbaru, 02 November 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun