Mohon tunggu...
Irfan Fandi
Irfan Fandi Mohon Tunggu... Buruh - Menulis dan Membaca adalah suatu aksi yang bisa membuat kita terlihat beda dari orang yang disekitar kita

Email : irvandi00@gmail.com || Suka Baca dan Nonton Film || Pekanbaru, Riau || www.irfanfandi.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Ngeri-Ngeri Sedap" Mewakili Indonesia dalam Kategori The International Featured Film di Piala Oscar 2023

13 September 2022   20:00 Diperbarui: 13 September 2022   20:01 185 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Poster Film Ngeri-Ngeri Sedap yang siap mewakili Indonesia di Piala Oscar 2023 (sumber foto : imdb)

Dunia perfilman Indonesia semakin hari mulai menampakkan taringnya di negerinya sendiri. Tercatat sudah ada puluhan film yang berhasil masuk ke dalam jajaran Box Office Film Indonesia sepanjang masa. Salah satunya Film "Ngeri-Ngeri Sedap" garapan dari sutradara muda bene Dion Rajagukguk.

Film "Ngeri-Ngeri Sedap" rilis pada awal bulan Juni 2022, berhasil mengumpulkan jumlah penonton sebanyak 2,8 juta orang penonton dan berhasil bertengger di #15 Box Office Indonesia sepanjang masa. Ini merupakan sebuah prestasi yang di peroleh dari dunia perfilman Indonesia yang mulai naik kelas setelah amsa pandemi.

Selain itu kejutan lain yang tak kalah menarik untuk disimak dari Film "Ngeri-Ngeri Sedap" adalah berhasil menyabet 5 nominasi di Festival Film Bandung. Terdiri dari Film Bioskop Terpuji, Penulis Skenario Terpuji, Pemeran Utama Pria Terpuji, Penata Editing Terpuji dan Penata Musik Terpuji.

Semua ini merupakan prestasi yang luar biasa yang tidak diharapkan atau tanpa disangka oleh banyak orang. Dengan kualitas film yang mengangkat budaya kearifan local, mereka semua berhasil memberikan yang terbaik hingga sampai meraih tempat dan posisi tertinggi untuk diberikan pengghargaan yang setinggi-tingginya.

"Ngeri-Ngeri Sedap" mewakili Indonesia di Piala Oscar 2023

Tahun ini Indonesia kembali mengirimkan salah satu film terbaiknya untuk bersaing dengan berbagai negara dalam kategori The International Featured Film untuk Piala Oscar 2023. Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 akhirnya memutuskan pilihan untuk diberikan kesempatan kepada Film "Ngeri-Ngeri Sedap".

Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 berangggotakan 9 tokoh perfilman berbagai bidang dan wartawan serta kritikus film, mereka adalah : Deddy Mizwar, Zairin Zain, Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L. Karim, Slamet Rahardjo dan Yadi Sugandi.

Pada hari senin (12/9/2022) sejak pagi hingga petang, para anggota Komite berkumpul di Studio XXI di Plaza Senayan untuk melakukan seleksi. Data ini saya peroleh dari Hot.Detik.com, Deddy Mizwar juga menjelaskan bahwa ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebuah film untuk dapat mengikuti ajang Oscar. Salah satu persyaratan itu adalah film tersebut sudah pernah tayang selama seminggu berturut-turut di dalam bioskop.

Setelah dilakukan penayangan ini secara berkala dan Tim Komite melakukan diskusi panjang untuk dilakukan sebuah seleksi dari banyak pertimbangan. Pada akhirnya Film Ngeri-Ngeri Sedap terpilih sebagai film perwakilan Indonesia yang akan di bawa ke Oscar 2023.

""Inilah maksimal yang dihasilkan komite seleksi Oscars Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film kita itu bisa berjaya di ajang oscar" ujar Deddy Mizwar, menutup rapat Senin (12/9) petang, seperti dalam rilis resmi yang diterima detikcom.

Siapa yang pernah menyangka film Ngeri-Ngeri Sedap bisa terpilih dan mendapatkan peluang kesempatan untuk bersaing dengan film dari berbagai negara di sebuah ajang Penghargaan Film Terbesar di dunia yaitu Piala Oscar 2023 yang akan datang. Sungguh membanggakan!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan