Mohon tunggu...
Irfan Fandi
Irfan Fandi Mohon Tunggu... Menulis dan Membaca adalah suatu aksi yang bisa membuat kita terlihat beda dari orang yang disekitar kita

Email : irvandi00@gmail.com || Suka Baca dan Nonton Film || Pekanbaru, Riau

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Tips Meresensi Sebuah Buku

3 Juni 2021   15:15 Diperbarui: 3 Juni 2021   18:24 63 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Meresensi Sebuah Buku
Foto Ilustrasi : Dokumentasi Pribadi

Saat ini semakin banyak orang yang peduli akan membaca sebuah buku, karena selain besar manfaatnya juga bisa memberikan pengetahuan kepada orang lain, tradisi membaca untuk negara kita sangatlah minim. Namun dengan adanya Bookstagram atau para penggiat literasi yang suka baca buku, banyak melakukan resensi atau review sebuah karya buku dari seorang penulis melalui platform social media, seperti blog pribadi, goodreads, facebook, twitter dan yang paling hits sekarang melalui instagram.

Buku yang sudah kita baca akan lebih baik lagi kita berbagi pengetahuan dengan orang lain, Bookstagram sejati akan memberikan ulasan isi buku hingga membuat yang baca ulasan tersebut tertarik untuk membeli dan membaca buku tersebut. Bagaimana Tips Meresensi sebuah buku dengan baik ?

Sebelum itu kita harus mengenal terlebih dahulu apa itu resensi buku, meresensi buku berarti kita mengulik, mengupas, mengulas , mengomentari penilaian atas buku. Karena itu, kegiatan ini harus bersifat objektif. Artinya sebuah resensi harus diuraikan apa adanya dan jujur sesuai apa yang telah kita baca dan temukan dalam isi buku tersebut. Lantas, seperti apa tips meresensi sebuah buku ? Berikut saya bagikan tipsnya kepada para pembaca kompasiana.

1. Teras

Teras merupakan awal paragraph yang membuat uraian yang dianggap paling penting dalam meresensi sebuah buku. Bagian ini harus menggoda dan menarik para pembaca agar ingin membaca buku tersebut. Bagaimana cara kita membuat uraian itu menarik yaitu biasanya menguraikan kutipan kuat, anekdot, atau fakta yang menarik seputaran dari buku yang telah kita baca.

2. Inti Sari

Inti sari merupakan uraian singkat mengenai buku. Dalam karya fiksi, kita mengutarakan plot tema dan tesis cerita. Dibagian ini juga bisa menceritakan profil dari sang penulis dan hal menarik tentang buku tersebut.

3. Komentar

Tentu yang dimaksud adalah komentar perihal buku tersebut. Isinya bisa kesan, interpretasi, dan penilaian atas suatu karya. Akan lebih baik jika uraian komentar itu disertai dengan fakta pendukung sebagaimana yang ditemukan dalam buku.

4. Simpulan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN