Mohon tunggu...
Ira Lathief
Ira Lathief Mohon Tunggu... Penulis - A Friend for Everybody, A Story Teller by Heart

Blogger、Author of 17 books、Creativepreneur, Founder @wisatakreatifjakarta @festivalkebhinekaan Personal Blog :www.iralennon.blogspot.com. IG @creative_traveler

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Rutin Donor Darah Bisa Hindari Serangan Stroke

29 Mei 2019   08:46 Diperbarui: 29 Mei 2019   11:28 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apakah kamu termasuk orang yg rutin berdonor darah? Saya udh lamaaa bgt ga donor darah, mgk sekitar 10 th lalu..saya pernah diskusi dg beberapa teman penyintas stroke yang membuat saya jd kepingin rutin berdonor darah.

Jadi serangan stroke itu bs terjadi krn aliran darah yg tersumbat sekian lama. Dan stroke ini bukan saja bs terjadi di usia paruh baya, tp bahkan bs menyerang usia muda di awal 30an tahun..salah satu teman saya yg berhasil pulih dari stroke, berpendapat kalau serangan stroke bs dihindari dg gaya hidup sehat, sering olahraga dan hindari stress.  Lalu ada satu hal yg jg menurutnya bs mencegah stroke yaitu rutin donor darah. 

Menurutnya donor darah itu bs melancarkan peredaran darah, sehingga darah bs terus regenerasi..... Wah itu info yg sangat menarik sekali.  Belum lama ini bapak saya yang rutin donor darah, mdpt penghargaan dari pemerintah karena sdh berdonor 100x (dan itu bisa memakan waktu puluhan tahun, krn berdonor darah hanya bs dilakukan 3bulan sekali). Itulah yg mgk membuat bapak saya jarang sakit dan terus aktif bergerak kesana kemari di usianya yg sudah 65th ..

Terinspirasi dari bapak dan pengalaman bbrp tmn yg prnh terserang stroke , saya pun tergerak utk melangkahkan kaki kembali ke PMI.....Kunjungan saya ke PMI belum lama ini,  sambil byk konsultasi ke petugasnya. Ia menjelaskan manfaat berdonor darah itu spt mengganti oli rutin di kendaraan, spy mesin terus dlm keadaan baik. Kendaraan yg jarang diganti oli tentu akan cepat rusak.

Dan berdonor darah jg punya aspek kemanusiaan krn bisa menolong nyawa orang lain....benar juga, golongan darah saya adlh AB, golongan darah yg paling langka, jd mgk jg banyak dibutuhkan golongan darah ini krn stoknya minim... Dari petugas PMI itu saya jg baru tahu, sejak 5 th belakangan, skr kita juga sdh bisa berdonor darah putih. Manfaat darah putih 10x lipat dari satu kantong darah merah yg kita donorkan. 

Tapi berdonor darah putih ada syaratnya yaitu berat badan minimal 65kg dan proses pengambilan darahnya pun lama sekitar 1jam. Tp dengan berdonor darah putih , kita bisa cepat menolong nyawa orang2 yg sedang dilanda penyakit spt Demam Berdarah dll yg banyak kasus sering meninggal krn kekurangan darah putih.....masih banyak lagi manfaat dari berdonor darah utk kesehatan badan kita sendiri, yg tentu jg bisa sambil menolong orang lain..di bulan puasa yg penuh berkah ini, yuk berbagi berkah dg darah kita...#healthtips.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun