Pandemi Covid-19 membawa dampak kepada semua sector ekonomi
terutama yang paling terpegarung adalah UMKM. Namun pada kondisi seperti ini
tidak semua UMKM mengalami kesulitan ada juga beberapa UMKM yang
merasakan dampak positifnya terutama bisnis UMKM yang sudah menggunakan
media Online dan tidak terpaku dengan cara penjualan konvensional.
Perkembangan teknologi dengan cepat mengubah pola perdagangan yang
awalnya secara konvensional atau ofline kini menjadi Online. Pelaku UMKM dituntut untuk menambah pola jual secara online.

     Lokasi KKN berada di Tambak Sumur kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo
ini, pada awalnya proses promosi hanya melewati secara mulut ke mulut. Dengan
demikian dilakukanlah digitalisasi pada proses penjualan dan promosi agar bisa
mencangkup konsumen yang lebih luas.
        Pada kegiatan KKN ini mendapatkan mitra Bernama Fardan Bakery yang bergerak pada bisnis UMKM yang menjalankan usaha took roti. Mitra memiliki sebuah problem yaitu proses promosi yang masih tradisional dan informasi produk yang masih belum terdiskrikan dengan baik. Munculah sebuah solusi dari permasalahan berikut yaitu membuat sebuah website yang memuat sebuah informasi dari sebuah produk tersebut. Namun sebelum pembuatan website terjadi, terdapat elemen elemen yang harus terpenuhi yaitu sebuah foto produk dan sebuah logo dari UMKM.
      Dalam melakukan kegiatan KKN memiliki tahapan tahapan sebagai berikut:


Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI