Mohon tunggu...
Mochamad Iqbal
Mochamad Iqbal Mohon Tunggu... Guru - Penulis | Pengajar | Penikmat Film

Nominasi Best in Fiction 2023, senang membaca buku-buku filsafat. | Penulis Novel Aku Ustadz Matote | Penulis Antologi Cerpen Isnin di Tanah Jawa. | Menulis adalah cara untuk mengabadikan pikiran, dan membiarkannya hidup selamanya.|

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Menyelami Rahasia Lautan

24 Juli 2023   10:00 Diperbarui: 24 Juli 2023   10:01 492
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Gambar pribadi menggunakan canva 

Malam itu, aura keajaiban terasa begitu kuat di dalam auditorium ketika acara penelitian tentang kelautan dimulai. Aku penyelam berpengalaman yang tak pernah lelah menyelami keindahan bawah laut, aku selalu merasa senang ketika aku berada di antara sesama penggemar laut. Aku sedang menantikan presentasi dari seorang ilmuwan muda, ia akan memberikan pandangan yang unik tentang kehidupan laut, kulihat dari brosur yang diberikan padaku dua minggu yang lalu, presentasinya tentang ekosistem terumbu karang yang selalu memikat hatiku

Saat aku dan Nina, si ilmuwan muda itu saling pandang, ada sedikit keajaiban yang menyelinap di antara tatapan kami berdua. Meskipun kami memiliki sudut pandang yang berbeda tentang laut, namun kami berdua merasa terpanggil oleh pesona alam dan keajaiban di bawah laut yang belum sepenuhnya terungkap.

Setelah acara selesai, aku dan Nina bertemu di luar auditorium, aku inign bertukar pikiran dengannya, sepertinya pengetahuan dan kecintaanku kepada lautan seakan cocok dengan rasa penasaran Nina yang selalu haus terhadap rahasia-rahsia lautan yang menunggu untuk dipecahkan.

"Wah, acara tadi sungguh menarik, bukan?" aku membuka percakapan dengannya.

"Tepat sekali! aku selalu merasa terkagum-kagum dengan keindahan dan misteri bawah laut. Bagaimana denganmu, Damar? Sebagai penyelam berpengalaman, apa yang paling memukau Anda tentang lautan?" tanya Nina balik dengan tersenyum.

"Ketika berada di bawah air, aku merasa seakan dunia terasa berbeda. Semua beban dan kekhawatiran lenyap, tergantikan oleh keindahan terumbu karang juga kehidupan laut yang begitu beragam. Laut mengajarkanku tentang kerendahan hati dan betapa pentingnya menjaga ekosistem yang rapuh ini" sahutku sambil memandang jauh ke langit.

"Pandanganmu tentang lau sungguh menarik, aku selalu berusaha memahami kehidupan laut dari perspektif ilmiah. Melalui penelitianku tentang ekosistem terumbu karang, aku merasa semakin dekat dengan misteri dan keunikan makhluk-makhluk laut yang ada di sana" Nina menjelaskan pemikirannya sambil tersenyum hangat.

"Bagaimana jika kita bekerja sama, Nina? aku yakin dengan pengetahuan ilmiahmu dan pengalamanku sebagai penyelam, kita bisa menjelajahi dan menemukan keajaiban-keajaiban baru di bawah laut" ajakku dengan penuh antusias.

"Ide yang menarik! Kita bisa saling melengkapi, dengan pengetahuan dan juga perspektif yang kita miliki, kita bisa menggali lebih dalam tentang kehidupan laut dan memberikan kontribusi dalam pelestariannya" balas Nina dengan antusias.

Kami pun berjabat tangan, sepakat untuk menjajaki lautan bersama dan menyelami rahasia yang belum terpecahkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun