Mohon tunggu...
IPB Marketing Club
IPB Marketing Club Mohon Tunggu... Lainnya - Organization

IMC is a student-organization focused on building skills and knowledge of its members regarding marketing and career opportunities within the field.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mahasiswa Butuh Penghasilan Tambahan? Join Affiliate Marketing Aja!

18 September 2022   17:27 Diperbarui: 18 September 2022   17:40 151 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kenalan dengan Affiliate Marketing

Affiliate Marketing atau pemasaran afiliasi merupakan model marketing yang mempromosikan produk orang lain dengan imbalan komisi untuk setiap penjualan. Anda mungkin pernah melihat judul bertanda “tautan afiliasi” di banyak situs web ataupun sosial media, seperti TikTok, yang pernah kalian temukan. Bahkan, bisa saja kalian telah menerapkan afiliasi secara tidak langsung. 

Model pemasaran ini awalnya diperkenalkan oleh perusahaan besar Amerika, yaitu Amazon. Perusahaan tersebut mempopulerkannya dengan membuat program pemasaran afiliasi di mana situs web dan blogger menempatkan tautan ke halaman Amazon, dan untuk produk yang ditinjau akan  menerima biaya iklan saat pembelian dilakukan. 

Dalam pengertian ini, pemasaran afiliasi pada dasarnya adalah program pemasaran pay-for-performance di mana penjualan dipasarkan ke jaringan yang lebih luas.

Di Indonesia, pemasaran afiliasi sedang menjadi tren di berbagai social media, serta beberapa e-commerce terkenal seperti Shopee dan Tokopedia. Beberapa media sosial juga tidak ingin kalah saing dengan meluncurkan media belanja onlinenya sendiri, salah satunya adalah TikTok. 

Dengan media yang beragam, banyak anak muda bahkan mahasiswa yang memanfaatkan sosial media mereka untuk melakukan pemasaran afiliasi. Dari pemasaran yang mereka lakukan melalui konten-konten yang dibuat, mereka akan mendapatkan komisi yang cukup menjanjikan jika barang yang dipasarkan telah terjual.

Sumber: PintarJualan.id
Sumber: PintarJualan.id

Cara Menjadi Affiliator

Untuk mendapatkan komisi dari pemasaran yang telah anda lakukan, tentu saja terdapat berbagai aturan dari pihak yang menyediakan pemasaran afiliasi tersebut. Penerapan afiliasi yang menjadi contoh kali ini adalah Affiliate Marketing Shopee. Dilansir dari halaman Shopee, Program Afiliasi Shopee atau Shopee Affiliate adalah program Shopee yang menawarkan penghasilan tambahan bagi content creator yang mempromosikan produk Shopee di media sosial. 

Cara kerjanya cukup mudah, anda hanya memerlukan akun media sosial yang aktif. Jika sudah mendaftarkan akun, anda dapat menentukan produk mana yang akan dipasarkan, kemudian mengunggah custom link produk yang ingin dipromosikan ke media sosial yang anda miliki. Mulai dari TikTok, Instagram, YouTube, Twitter, serta media sosial lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan