Mohon tunggu...
Padli Cipaik
Padli Cipaik Mohon Tunggu...

kenali dan cintai budaya lokal kita sebagai bentuk jati diri bangsa kita.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mahasiswa Unand Silaturahmi dengan Ninik Mamak dan Bundo Kanduang

22 Juli 2014   06:38 Diperbarui: 18 Juni 2015   05:37 95 1 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Unand Silaturahmi dengan Ninik Mamak dan Bundo Kanduang
mahasiswa kkn unand berbuka bersama pejabat nagari, ninik mamak, dan bundo kanduang di nagari silokek

Mahasiswa KKN (kuliah kerja nyata) universitas andalas berbuka bersama pejabat nagari, ninik mamak, alim ulama, dan bundo kanduang di nagari Silokek, kecamatan Sijunjung-kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

[caption id="" align="aligncenter" width="475" caption="mahasiswa kkn unand berbuka bersama pejabat nagari, ninik mamak, dan bundo kanduang di nagari silokek"][/caption] Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat (18/7) di rumah gadang suku Caniago yang menjadi posko KKN PPM unand 2014 di nagari Silokek.

Dalam mempersiapkan acara berbuka bersama ini para mahasiswa KKN juga dibantu oleh ibu-ibu yang berada di sekitar posko mereka. Nilai-nilai kebersamaan sangat terasa ketika mereka saling bahu-membahu mempersiapkan acara berbuka bersama ini.

Hal itu ditegaskan oleh Vino selaku ketua Nagari KKN unand di Silokek, “Kami di sini tidak mengerjakan semuanya sendirian, ada ibu-ibu yang tinggal di sekitar posko kami yang membantu dalam mempersiapkan kegiatan berbuka bersama ini.”

Acara berbuka bersama ini mendapat sambutan baik dari Bapak Mardison selaku wali nagari Silokek, kecamatan Sijunjung.

“Kami selaku wali nagari, ninik mamak, bundo kanduang dan warga Silokek sangat senang dengan adanya acara berbuka bersama hari ini. Dengan acara ini dapat menjaga dan mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa KKN unand dengan para ninik mamak, dan bundo kanduang di nagari Silokek”, ungkap Mardison.

Niat baik mahasiswa KKN unand yang disampaikan melalui kegiatan berbuka bersama itu ternyata dibalas oleh ninik mamak di nagari Silokek. Hal itu disampaikan melalui sekretaris nagari Bapak Sukandri.

Beliau mengatakan bahwa, ninik mamak dan bundo kanduang di nagari silokek mengundang mahasiswa KKN unand untuk berbuka bersama dalam lingkungan adat di nagari Silokek pada tanggal 25 Juli. Hari itu juga bertepatan dengan hari terakhir mahasiswa KKN unand berada di sana.

Berbagai kegiatan juga telah dilaksanakan oleh mahasiswa universitas andalas dalam kuliah kerja nyata di nagari Silokek, kecamatan Sijunjung, Sumatera Barat.

Mulai dari berbagai penyuluhan kepada masyarakat, membantu mengajar di Sekolah dasar negri 11 Silokek, membuat perlombaan MTQ tingkat nagari Silokek, mengadakan turnamen Voli antara pemuda dan mahasiswa KKN, belajar tentang adat dan budaya nagari Silokek, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x