Mohon tunggu...
Intan Purnama Pahlawan
Intan Purnama Pahlawan Mohon Tunggu... Guru - Guru di SDS Maitreyawira Batam

Saya adalah seorang pendidik yang suka belajar, meski pemalu tetapi saya suka menantang diri saya untuk mencoba hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hari Guru Nasional: Membahas Merdeka Belajar dari Lensa Pendidik

25 November 2023   11:01 Diperbarui: 25 November 2023   11:19 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Canva untuk Pendidikan

Hari Guru Nasional adalah momentum yang sangat penting bagi para pendidik di seluruh Indonesia untuk merayakan peran dan kontribusi mereka dalam membentuk generasi masa depan. Sebagai seorang guru, peringatan ini menjadi waktu yang istimewa untuk merefleksikan perjalanan, tantangan, dan harapan dalam menjalankan tugas mulia sebagai pendidik. Hari Guru Nasional menjadi momen yang penting, terutama bagi saya sebagai seorang pendidik untuk merefleksikan konsep "Merdeka Belajar" yang merupakan landasan utama dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Hari Guru Nasional menjadi pengingat bagi saya akan peran yang dimainkan oleh pendidik dalam pembentukan karakter dan pengetahuan siswa. Merayakan hari ini memberikan kesempatan bagi saya untuk meninjau kembali dedikasi yang saya berikan dalam membimbing, menginspirasi, dan membantu siswa mencapai potensi terbaik mereka.

Peringatan ini juga menyoroti tantangan yang telah saya hadapi sebagai seorang guru. Dari berbagai keterbatasan dalam pendidikan, hingga adaptasi terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan pendidikan yang terus berubah, semua ini menjadi bagian dari perjalanan panjang saya dalam memberikan pendidikan yang bermakna.Hari Guru Nasional memunculkan refleksi akan bagaimana saya terus belajar dan berkembang sebagai pendidik. Keterbukaan terhadap ide baru, metodologi pengajaran yang inovatif, serta peningkatan keterampilan teknis dan emosional adalah bagian penting dalam upaya untuk menjadi guru yang lebih baik. Dalam perayaan ini, saya merenungkan peran kolaborasi dan dukungan antar-guru serta stakeholder pendidikan lainnya. Keterlibatan dan kerjasama yang kuat antara guru, sekolah, orang tua, dan komunitas sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan berkelanjutan.

Hari Guru Nasional juga menjadi momen untuk menghargai kontribusi para pendidik terhadap perkembangan sosial dan ekonomi. Guru tidak hanya menjadi penyampai ilmu, tetapi juga menjadi agen perubahan yang berperan dalam membentuk visi masa depan negara melalui pendidikan.  Refleksi ini juga mengingatkan saya akan pentingnya memotivasi dan membimbing siswa untuk mengembangkan kecerdasan emosional, etika, dan kepedulian sosial. Pendidikan bukan hanya tentang akademis, tetapi juga tentang mempersiapkan generasi yang tangguh secara mental dan emosional, memberikan kesempatan bagi saya untuk mengevaluasi dampak positif yang telah saya berikan kepada siswa. Melihat perkembangan mereka, baik dari segi akademis maupun kepribadian, adalah hal yang memberikan kepuasan tersendiri dalam profesi ini. 

Refleksi pada hari spesial ini juga mengingatkan saya akan pentingnya menginspirasi dan menumbuhkan semangat belajar yang abadi pada setiap siswa. Melalui motivasi yang tepat, saya berharap dapat membantu mereka menemukan passion dan tujuan hidup yang lebih besar. Sebagai seorang guru, Hari Guru Nasional menjadi momentum untuk merenungkan betapa pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan ramah bagi semua siswa. Setiap individu memiliki potensi unik yang harus diakui dan dibimbing. Pada akhirnya, peringatan ini menegaskan kembali komitmen saya untuk terus memberikan yang terbaik bagi pendidikan. Dalam menghadapi berbagai perubahan dan tantangan, tekad untuk terus berkarya dan memberikan dampak positif bagi generasi muda tetap teguh dalam hati. Melalui refleksi ini, saya mengakui bahwa perjalanan menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah. Namun, setiap perjuangan dan pengalaman membentuk inti dari dedikasi saya untuk mempersiapkan siswa menjadi pribadi yang berkualitas, berempati, dan siap menghadapi masa depan yang penuh tantangan.


Refleksi Hari Guru sehubungan dengan Merdeka Belajar

"Merdeka Belajar" menggugah saya untuk melihat pendidikan sebagai sebuah proses dinamis yang memberikan kebebasan pada siswa untuk mengembangkan minat, bakat, dan potensi mereka sendiri. Ini mengajarkan saya untuk memberikan ruang lebih dalam pengajaran, memungkinkan siswa menemukan cara terbaik mereka untuk belajar. Konsep "Merdeka Belajar" membawa pemahaman bahwa pendidikan bukan hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga tentang memberdayakan siswa agar menjadi pembelajar yang mandiri dan kritis. Sebagai guru, tugas saya tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis. 

Refleksi ini membuat saya menyadari pentingnya mengakomodasi beragam gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Setiap individu memiliki keunikan dalam cara mereka memahami dan menyerap informasi. Oleh karena itu, "Merdeka Belajar" mendorong saya untuk menyediakan pendekatan yang beragam dan inklusif dalam proses pembelajaran. Konsep ini juga menuntun saya untuk menggali lebih dalam peran teknologi dalam memberikan akses dan kemudahan bagi siswa dalam memperoleh pengetahuan. Penggunaan teknologi yang tepat dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan memfasilitasi pembelajaran yang lebih mandiri.

  "Merdeka Belajar" juga mengajarkan bahwa evaluasi bukan hanya sebatas mengukur hasil akhir, tetapi juga mengidentifikasi perkembangan individual siswa. Penilaian formatif dan sumatif perlu disesuaikan agar mampu memberikan umpan balik yang membangun, bukan sekadar menilai. Peran saya sebagai guru berubah menjadi lebih sebagai fasilitator dan pembimbing. Saya harus menjadi sumber inspirasi, membantu siswa menemukan minat dan tujuan mereka sendiri dalam belajar, serta memberikan bimbingan yang diperlukan.

Refleksi ini menguatkan keyakinan saya bahwa kemitraan antara guru, siswa, orang tua, dan masyarakat sangat penting dalam mendukung konsep "Merdeka Belajar". Kolaborasi yang kuat antara semua pihak akan menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung dan inklusif. "Merdeka Belajar" menyoroti pentingnya pengembangan kurikulum yang responsif dan relevan terhadap kebutuhan dan perkembangan zaman. Perubahan yang dinamis dalam kurikulum harus selaras dengan perkembangan global dan kebutuhan lokal. 

Hari Guru Nasional mengingatkan saya akan pentingnya mengembangkan literasi dan keterampilan abad ke-21 pada siswa. Keterampilan seperti pemecahan masalah, kreativitas, kolaborasi, dan kecakapan digital menjadi esensial dalam persiapan mereka menghadapi masa depan. Secara keseluruhan, refleksi ini memperkuat tekad saya untuk terus mengembangkan diri sebagai seorang pendidik yang responsif, inovatif, dan peduli terhadap perkembangan individu setiap siswa. Saya berkomitmen untuk terus belajar dan beradaptasi demi memastikan pendidikan yang memberdayakan dan relevan bagi generasi mendatang.

Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi bahan renungan bagi kita, pendidik, dalam menciptakan generasi emas 2045. Salam dan bahagia, selamat Hari Guru Nasional 2023.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun