Mohon tunggu...
Intan ArumSari
Intan ArumSari Mohon Tunggu... Penulis

Menulis, menulis, dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sosialisasi Door to Door, Kontribusi Mahasiswa KKN UNS dalam Upaya Memutus Rantai Penyebaran Covid-19 di Desa Joho

14 Juli 2020   13:10 Diperbarui: 14 Juli 2020   13:07 27 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosialisasi Door to Door, Kontribusi Mahasiswa KKN UNS dalam Upaya Memutus Rantai Penyebaran Covid-19 di Desa Joho
dok. pribadi

Pandemi Covid-19 di Indonesia semakin hari semakin mengkhawatirkan. Berdasarkan data pemerintah Senin (13/07/2020) menunjukkan jumlah kasus positif covid-19 sebesar 76.981, sembuh 36.689, dan kasus meninggal sebesar 3.656. Kondisi ini memberikan dampak dalam aspek kesehatan, perekonomian, dan pendidikan bagi masyarakat Indonesia seperti, bertambahnya jumlah pengangguran, kasus kelaparan, dan terhambatnya sistem Pendidikan di Indonesia.

Melihat peningkatan kasus pandemi covid-19 Universitas Sebelas Maret Surakarta membuat program Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS Tanggap Wabah COVID-19 sebagai kegiatan mengabdi kepada masyarakat. Kegiatan KKN dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa sesuai domisili masing-masing di bawah bimbingan Dosen pembimbing lapangan (DPL) dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan.

Salah satu mahasiswa KKN UNS di Desa Joho Rt. 02 Rw. 02, Sale, Rembang adalah Intan Arum Sari dibawah bimbingan Ibu Dra. Suminah, M. Si. Program kerja yang diusung adalah sosialisasi dan sharing secara Door to Door terkait Covid-19 dan pola asuh anak. Selain itu Intan Arum Sari juga memberikan bantuan masker, tempat cuci tangan, serta sabun cuci tangan kepada masyarakat Desa Joho Rt. 02 Rw. 02.

Selain itu Intan Arum Sari juga membuat program kerja belajar online melalui WhatsApp grup yang diikuti 60 siswa yang berasal dari Kabupaten Rembang. Tidak hanya itu, Kelas ooffline juga dibuat akan tetapi hanya khusu pelajar di Desa Joho. Melihat antusiasme dari pelajar Desa Joho Intan Arum Sari meberikan peralatan alat tulis yaitu buku, pensil, bolpoin, dan penghapus ke siswa yang mengikuti kelas offline.

Program kerja ini mendapat respon positif dari warga sekitar, bahkan Bapak Rt.02 Rw. 02 Joho juga memberikan apresiasi, "Program kerja yang bagus Mbak, apalagi bantuan yang diberikan sangat membantu sekali bagi warga kami."

VIDEO PILIHAN