Gantang Galih Gumilar
Gantang Galih Gumilar

Mulai membangkitkan hobi saya untuk menulis, Menulis tentang bisnis yang saya alami maupun yang teman saya alami, Sebagai referensi, kiranya bermanfaat bagi anda dan orang lain. Kadang saya meluapkan imajinasi saya ke Web Profil saya http://cucimobil.net Saya akan berusaha terus membangun karya yang bermanfaat. Bismillah...

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Bahayakah Mencuci Mobil dengan Mesin Robotik?

3 Juli 2018   10:55 Diperbarui: 3 Juli 2018   11:04 2521 1 0
Bahayakah Mencuci Mobil dengan Mesin Robotik?
otomotif.kompas.com

Semakin banyaknya jumlah kendaraan di Indonesia terutama mobil, pembangunan jalan sudah mulai diperluas hingga ke pelosok supaya akses lebih mudah dijangkau oleh para pengendara. Semakin berkembangnya pertumbuhan industri mobil di Indonesia, membuat para pelaku usaha berinovasi dan berkreasi untuk membangun bisnis yang potensial yang mendukung perkembangan teknologi otomotif. 

Contoh tadi kendaraan mobil, dimana dengan jumlah mobil yang semakin bartambah, peluang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari sebuah bisnis semakin terbuka lebar, seperti buka bengkel mobil, salon mobil, modifikasi mobil, dan jasa cuci mobil manual dan otomatis/robotik. Nah, pada kali ini, saya akan membahas seputar mencuci mobil dengan sistem auto robotic / Robot otomatis.

Lalu Apa Itu sistem Robotik ?

Sistem Robotik merupakan sebuah teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari perangkat yang kita sebut ROBOT. Sistem Robotika erat kaitannya dengan bidang ilmu pengetahuan elektronika, mesin, mekanika, dan perangkat lunak komputer. Maka dari itu, semua aktifitas dari sistem robotik sudah terkontrol dan serba otomatis karena sudah diprogram oleh perangkat tertentu dan terkait dengan perangkat yang lain. Itu sebabnya, dengan perkembang teknologi robotik saat ini sudah diterapkan untuk bisnis cuci mobil dengan sebutan cuci mobil robotik. 

Meskipun modal diawal terasa berat tapi keuntungan yang didapat juga maksimal. Karena untuk bisnis ini, kita bisa menentukan harga yang relatif lebih mahal dari cucian biasa atau manual.

Lalu, bagaimana pendapat anda tentang sistem robotik ini,? Apakah memiliki dampak yang bagus bagi kendaraan atau malah sebaliknya malah berbahaya bagi kendaraan. Untuk lebih jelasnya, saya akan paparkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari sistem cuci mobil robotik ini.

Kelebihan Dari Sistem Cuci Mobi Robotik

Kelebihan dari sistem ini adalah, waktu yang dibutuhkan relative singkat bahkan lebih efisien dari sistem cuci mobil biasa. Karena sistem ini sudah benar-benar otomatis dengan program yang sudah dijalankan. Maka dari itu, bagi para konsumen waktu menunggu tidak terlalu lama, karena waktu yang dibutuhkan lebih cepat, dan bagi para pengusaha cuci mobil robotik ini, mereka bisa mendapatkan lebih banyak omset dan jumlah kendaraan yang dicuci juga lebih banyak, dan bisa menghemat pengeluaran air untuk mencuci.

Kekurangan Dari Sistem Cuci Mobil Robotik

Kekurangan jelas dari segi harga, mungkin bagi konsumen yang terbiasa mencuci dengan mesin cuci biasa ataupun hidrolik akan merasa kaget dengan tarif untuk cuci mobil robotik, karena untuk harga bisa mencapai Rp. 25.000 itu saja body luarnya saja. Dan bagi pengusaha cuci mobil robotik ini, diberatkan dengan besarnya listrik yang digunakan, karena untuk bisnis ini bisa membutuhkan tenaga listrik sebesar 5000 watt bahkan ada yang 12.000 watt. Maka dari itu, dalam bisnis ini pemilik harus menyiapkan alat pendukung untuk menghindari terjadinya pemadaman, yang bisa berdampak pada usahanya.

(Sumber Video : Youtube.com)

Hasil Dari Mencuci Mobil Dengan Sistem Robotik

Untuk hasil cucian dengan sistem ini sebenarnya tidak jauh beda dengan sistem cuci dengan manual atau hidrolik, karena pada proses akhirnya yaitu detailing tetap harus menggunakan tenaga manusia, supaya bisa membersihkan kotoran yang tidak mudah dijangkau seperti di sela-sela kendaraan. Makanya jika ada yang bilang bahwa mencuci mobil dengan robotik ini sangat membahayakan itu tidak sepenuhnya benar, mungkin bisa jadi mereka mengambil dari sumber yang belum valid atau cuman sekedar berspekulasi adanya. 

Seperti kasus yang pernah saya baca di internet, bahwa mencuci mobil dengan mesin cuci robotik itu bisa menimbulkan kerusakan yang fatal. Bagaimana itu bisa terjadi ? Apa yang salah dari sitem ini ?

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan, Mencuci mobil dengan sistem robotik akan berakibat fatal bagi kendaraan yang memiliki fitur yang canggih seperti sensor hujan dan sensor pencegah  tabrakan. 

Lalu bagaimana pendapat anda ? Benarkah sistem robotik ini berbahaya ? Semua tergantung pilihan anda, jika anda lebih suka untuk mencuci kendaraan anda dengan manual/ hidrolik itu juga bagus. Atau bahkan malah penasaran mencuci mobil dengan sistem robotik, boleh juga dicoba. 

Demikian, beberapa informasi untuk anda, semoga bisa menjadi inspirasi untuk anda semua dan orang disekitar anda.  Terima Kasih