Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1 * inspirasianakita@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

5 Kiat Belajar Bahasa Asing di Usia Dewasa

14 Mei 2021   10:14 Diperbarui: 14 Mei 2021   19:45 693 44 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Kiat Belajar Bahasa Asing di Usia Dewasa
Ilustrasi belajar bahasa asing (Sumber: shuttestock via kompas.com)

"Selama masih bahasa manusia, semua bahasa bisa kita pelajari" (Erbe) 

Penguasaan bahasa menjadi salah satu kunci keberhasilan seseorang. Tuntutan zaman juga mendorong siapa pun dari segala usia dan latar belakang untuk belajar bahasa.

Sebagian orang beruntung karena mendapat pendidikan bahasa (asing) sejak kecil. Sebagian lagi kurang beruntung dan mungkin baru mendapat kesempatan belajar bahasa asing setelah beranjak dewasa. 

Pertanyaan banyak orang adalah kapan usia terbaik untuk mulai belajar bahasa asing atau bahasa kedua? Apakah orang dewasa, misalnya seorang berumur 25 tahun sudah terlambat belajar bahasa-bahasa asing?

Usia terbaik untuk mulai belajar bahasa asing atau bahasa kedua

Penelitian yang dilakukan oleh MIT (Massachuset Institute of Technology) di Amerika Serikat menunjukkan bahwa memang ada masa di mana mempelajari keterampilan baru menjadi lebih sulit, seperti mempelajari bahasa kedua atau bahasa asing.

Menurut penelitian tersebut, waktu terbaik untuk mempelajari bahasa baru setara dengan kemampuan penutur asli adalah pada usia 10 tahun. 

Anak-anak di bawah 10 tahun dapat lebih mudah menyerap informasi dan unggul dalam mempelajari bahasa baru.

Anak-anak muda di bawah usia 18 tahun masih dapat menunjukkan keterampilan hebat dalam menguasai tata bahasa baru. Akan tetapi, seorang berusia lebih dari 18 tahun akan menghadapi lebih banyak tantangan dan kesulitan dalam mempelajari hal-hal baru, termasuk bahasa asing.

Rincian Penelitian MIT tentang usai emas belajar bahasa asing
Para peneliti menilai 670.000 orang dari berbagai kebangsaan dan usia. Para ilmuwan memberi peserta kuis tata bahasa dan sebelum meminta mereka untuk mencatat apakah kalimat itu benar secara tata bahasa, mereka meminta peserta untuk menyatakan usia mereka, berapa lama mereka telah belajar bahasa Inggris, dan di mana mereka mempelajari bahasa tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN