Mohon tunggu...
Inosensius I. Sigaze
Inosensius I. Sigaze Mohon Tunggu... Membaca dunia dan berbagi

www.suarakeheningan.org

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

4 Rahasia Hidup Sehat untuk Masyarakat Pedesaan Saat Ini

4 Mei 2021   20:44 Diperbarui: 6 Mei 2021   13:23 180 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Rahasia Hidup Sehat untuk Masyarakat Pedesaan Saat Ini
idtesis.com

Rahasia hidup sehat itu tidak terlepas dari paradigma tentang hidup sehat yang dimengerti secara baik dan benar.

Hidup sehat itu merupakan harapan semua orang. Tidak heran kalau ucapan-ucapan dalam hari ulang tahun misalnya, ditulis "panjang umur, tetap sehat, atau sukses dan sehat selalu."

Bahkan ada orang yang mengharapkan hidup dengan usia panjang. Harapan hidup sampai pada usia tua pasti tidak dalam arti biar sakit-sakit asal usia panjang.

Usia panjang yang ditemani dengan sakit dan penderitaan, rupanya tidak menjadi idola dari hidup yang diimpikan banyak orang. Sebaliknya usia panjang dengan badan yang sehat merupakan dambaan semua orang.

Nah, kerinduan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat secara umum di Indonesia sebetulnya sudah merupakan target pemerintah. Sejak tahun 2016 pemerintah telah mencanangkan   program Indonesia sehat dengan sasaran utama adalah meningkatkan derajat kesehatan dan gizi masyarakat.

Ada tiga pilar utama yang ditekankan dalam program Indonesia sehat, sebagaimana ditulis oleh Dwi Hapsari Tjandrarini, dkk. dalam pengantar dari tulisan tentang "Pencapaian Indonesia sehat melalui pendekatan indeks pembangunan kesehatan masyarkaat dan indeks keluarga sehat", yakni:

1. Penerapan paradigma sehat

2. Penguatan pelayanan kesehatan

3. Pelaksanaan jaminan kesehatan nasional (JKN)

Dari tiga pilar di atas sebetulnya terlihat jelas sekali tujuan dari pemerintah dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat yang merata di seluruh tanah air ini.

Akan tetapi, kenyataan di masyarakat rupanya masih jauh dari harapan pemerintah. Pertanyaannya, salah siapa? Masyarakat sendiri? Ataukah kurangnya perhatian pemerintah terkait tiga hal di atas? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x