Mohon tunggu...
Inna Nailli
Inna Nailli Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya mempunyai hobi memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Opini tentang Pemasaran Politik di Media Sosial Calon Presiden Anis Baswedan 2024

2 April 2024   10:23 Diperbarui: 2 April 2024   15:41 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Anis Baswedan sangat menarik untuk dibicarakan untuk pemasaran politiknya karena Anis Baswedan merupakan sosok yang cerdas, dan sering membuat opini yang manarik masyarakat. Anis Baswedan mempunyai latar belakang yang sangat baik seperti aktivis, dan politisi, Anis Baswedan dapat menarik perhatian masyarakat melalui pidato-pidatonya yang sangat baik karena cara berbicaranya beliau sangat membius masyarakat yang mendengarkanya. 

Untuk kebijakan-kebijakan yang disampaikan beliau seperti pendidikan, danlayanan masyarakat yang selalu menjadi topik dalam perdebatan pemsaran politik di media. Penting untuk diingat bahwa dalam pemasaran politik, popularitas dan daya tarik sosok seorang kandidat tidak selalu mencerminkan keberhasilan atau kualitas kepemimpinan yang sebenarnya. Yang terpenting adalah substansi visi, program, dan integritas seorang kandidat dalam mewujudkan perubahan positif bagi masyarakat.

Anis Baswedan dalam pemasaran politiknya mempunyai beberapa target. Salah satunya kaum muda dan masyarakat yang terpinggirkan yang suaranya tidak terdengar oleh pemerintahan. Tim marketing politik Anis baswedan mempunyai beberapa strategi untuk menarik masyarakat, yang menekankn isu-isu yang mungkin dianggap penting bagi masyarakat seperti pendidikan dan layanan masyarakat. Selain itu tim marketing politik Anis Baswedan menggunakan media sosial untuk berkampanye. 

Media sosial yang digunakan salah satunya aplikasi tiktok, Anis Baswedan sering menggunakan aplikasi tiktok untuk live agar bisa beritraksi langsung kepada masyarakat, karena untuk saat ini penggunaan tiktok digunakan oleh semua kalangan masyarakat. Selain itu, mereka mungkin menggunakan acara-acara kampanye, debat, dan pertemuan langsung dengan masyarakat untuk memperkuat hubungan dan memperluas basis dukungan. Dengan kombinasi strategi-strategi ini, tim marketing politik Anies Baswedan dapat berhasil menarik perhatian dan dukungan dari beragam segmen masyarakat, sehingga meningkatkan peluang kemenangan dalam kontestasi politiknya.

Anies Baswedan membangun pesan utama dalam pemasaran politiknya yang mencakup beberapa isu utama dan citra yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Beberapa pesan utama yang mungkin dibangun melalui pemasaran politik di media oleh Anies Baswedan. Anis Baswedan pernah menjadi mentri pendidikan  mungkin memperjuangkan citra dirinya sebagai pemimpin yang berkomitmen untuk melakukan reformasi dalam sistem pendidikan, termasuk peningkatan kualitas pendidikan, aksesibilitas, dan kesetaraan dalam pendidikan.

Terlaksannya pemasaran tergantung dukungan politik, kampanye politik dan lingkungan masyarakat. Meskipun pesan dan citra yang dibangun sangat kuat dan visi misi yang di berikan juga sangat menarik akan tetapi masyarakat juga harus perlu bukti nyata.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun