Mohon tunggu...
Ingeu Yolanda
Ingeu Yolanda Mohon Tunggu... Pelajar

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Wow, Ternyata Pembuatan Tempe Itu Sangat Mudah, lho

3 Maret 2021   18:14 Diperbarui: 3 Maret 2021   18:31 131 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,haii teman teman

Tempe adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer, atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".

Tau gak sih ternyata pembuatan TEMPE itu sangat mudah lo tidak sesulit yang kita baying kan,bahan dan alat nya pun mudah untuk di dapat kan seperti kacang kedelai,ragi,daun pisang atau plastic,air,wadah.Cara pembuatan tempe pun sangat mudah dan praktik,kalian bisa saja membuat nya atau mencoba coba terlebih dahulu di rumah kalian.

Cara pembuatan tempe yaituh kedelai direbus beberapa menit sampai air nya mendidih dan keluar seperti gelembung gelembung macam sabun,tapi bukan sabun yah setelah di rebus kedelai nya di tiris kan kemudian dihilang kan kulit ari nya.

Setelah di hilangkan kulit ari nya biar kan beberapa menit supaya kering setelah itu kita beri ragi secukup nya jangan terlalu banyak setelah di beri ragi aduk sampai merata.

Setelah cukup merata kita bungkus  kedelai dengan daun pisang atau plastic kemudian kita tutup rapat dan di simpan satu,kedelai akan menjadi tempe setelah beberapa hari.
Pembuatan tempe dari kedelai dengan bantuan jamur Rhizopus oligosporus.

Secara tidak langsung dapat meningkat kan perekonomian rakyat karena bioteknologi sederhana tidak banyak membutuhkan biaya sehingga masyarakat kecil bisa membuat dan menjual hasilnya untuk kehidupan sehari-hari seperti tempe.

Apakah kalian tau manfaat tempe bagi kesehatan itu apa? mari kita bahas,tempe memiliki 12 manfaat bagi kesehatan walau pun murah tapi khasiat nya sangat mahal bagi kesehatan kita diantara nya adalaha....

1.Kalsium yang Setara Susu Sapi
2.Mencegah Osteoporisis.
3.Menurunkan Kolesterol
4.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
5.Protein Lebih Tinggi dari Daging
6.Baik untuk Diet
7.Menjaga Kesehatan Jantung
8.Mencegah Kangker
9.Mengurangi Gula Darah
10.Mencegah Asma
11.Mengurangi Resiko Parkinso
12.Baik untuk Kinerja Otak


Manfaat tempe bagi kesehatan selanjut nya akan di peroleh dari kandungan mineral mangan dan tembaga yang mencukupi kebutuhan tubuh harian Anda.Kedua mineral tersebut akan meningkatan kekuatan jaringan dan membantu penyembuhan luka.

VIDEO PILIHAN