Syaiful W. HARAHAP
Syaiful W. HARAHAP Blogger

Aktivis LSM (media watch), peminat masalah sosial kemasyarakatan, dan pemerhati (berita) HIV/AIDS

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Danone Blogger Academy, Meningkatkan Kemampuan Menulis Isu Kesehatan dan Nutrisi

6 Agustus 2018   14:03 Diperbarui: 6 Agustus 2018   14:05 634 1 0
Danone Blogger Academy, Meningkatkan Kemampuan Menulis Isu Kesehatan dan Nutrisi
Sumber: DBA

Belakangan ini kata-kata  stunting, nutrisi, kehidupan emas, lingkungan, bijak berplastik, dll. muncul sebagai isu yang seksi dalam berita baik di media massa, media online dan media sosial serta dalam berbagai kegiatan. Karena pembahasan yang tidak tuntas banyak orang yang kemudian yang tidak memahami istilah-istilah itu secara benar.

Bahkan, dalam debat publik pilkada 2018 ada pasangan calon gubernur di salah satu provinsi di Indonesia yang dengan terus terang mengaku tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan stunting. Kasihan, 'kan. Padahal, di daerah pencalonannya kasus stunting mencapa 16,6 persen (Baca juga: Debat Paslon Cagub/Cawagub Sumut, Abaikan "Brain Drain" dan Nasib).

Ada lagi jargon "1000 Hari Pertama Kehidupan" yang belum banyak dipahami masyarakat. Padahal, 1000 hari pertama kehidupan menjadi kunci kehidupan selanjutnya bagi dari segi kemampuan berpikir, kesehatan, dll. Jika blogger tidak memahami "1000 Hari Pertama Kehidupan" tentulah tulisan yang dibuat akan memberikna informasi yang keliru.

Di era 'zaman now' ketika media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll. menjadi salah satu sumber informasi bagi masyarakat luas tentulah para blogger dan nitizen diharapkan memahami berbagai isu itu sebelum melempar status ke masyarakat. Soalnya, kalau informasi yang disampaikan ke masyarakat tidak akurat yang terjadi adalah misleading (menyesatkan).

Sumber: DBA
Sumber: DBA
Selain melatih para blogger peserta akademi dengan cara-cara penulisan yang komprehensif, peserta juga dilatih dalam menggunakan kamera dan ponsel untuk memotret (fotografi) dan video blogging. Media yang dipakai adalah media sosial sehingga pada akademi juga ada pembelajaran tentang media sosial.

Adalah hal yang mustahil menyebarluaskan informasi tentang isu-isu tersebut dengan memakai pengeras suara keliling kampung. Langkah yang arif adalah memanfaatkan media, dalam hal ini media sosial, sehingga mendukung program pemerintah secara langsung dalam isu-isu krusial tsb.

Untuk itulah  Kompasiana dan Danone menyelenggarakan "Kompasiana Danone Blogger Academy" (DBA) yang akan memberikan wawasan dan cara penulisan tentang hal-hal di atas melalui kegiatan offline, online dan field trip. Untuk tahun 2018 akademi memilih tema "Nutrisi Penuh untuk Hidup Berkelanjutan".

Akademi akan memilih 20 blogger melalui seleksi yang sangat ketat. Pada "Kompasiana Danone Blogger Academy 1" tahun lalu 20 blogger, terdiri atas 18 cewek dan 2 cowok, terpilih menjadi peserta.

Sedangkan tahun ini akan diselenggarakan "Kompasiana Danone Blogger Academy 2" dengan kegiatan offline (pemberian materi dari pakar-pakar yang berkompeten) pada tanggal 29-30 September 2018 dan 6 Oktober 2018. Selanjutnya peserta yang sudah mendapatkan pengayaan tentang isu stunting, nutrisi, kehidupan emas, bijak berplastik, dll. akan mengikuti field trip ke beberapa tempat yang terkait dengan isu pada tanggal 12-14 Oktober 2018.

Setelah memperoleh materi (offline) dan field trip 20 peserta terpilih mengikuti review dengan cara mengunggah karya akhir ke media sosial yang akan dinilai oleh tim juri. Semua peserta akan mengikuti graduation night tanggal 25 November 2018.

DBA 1/2017 pada graduation night (Sumber: DBA)
DBA 1/2017 pada graduation night (Sumber: DBA)
Tertarik?

Kegiatan terkait dengan program DBA 2 Tahun 2018 dimulai tanggal 1-31 Agustus 2018 berupa pendaftaran calon peserta dengan mengisi formulir pendaftaran di http://microsite.kompasiana.com/danonebloggeracademy dengan persyaratan menyertakan tiga tulisan terkait dengan isu-isu di atas (cukup menuliskan link tulisan). Jangan lupa menyebutkan sumber infomrasi pada pertanyaan: Dari mana Anda mengetahui informasi tentang Danone Blogger Academy 2? Jawaban Anda adalah dengan mencontreng boks "Akademi DBA 1" dengan menyebut nama: Syaiful W Harahap.

Jangan lupa follow akun Danone dan Kompasiana di Instagram (@kompasianacom, @aqualestari dan @nutrisibangsa) dan Twitter (@kompasianacom, @aqualestari dan @nutrisi_bangsa). Selanjutnya unggah tiga konten (tulisan/foto/video) tentang nutrisi dan lingkungan yang sudah ditayangkan di akun pribadi/kompasiana/youtube dan akun media sosial lain).

Bagi blogger yang mendaftar (dan terpilih), semoga sukses. *