Mohon tunggu...
Syaiful W. HARAHAP
Syaiful W. HARAHAP Mohon Tunggu... Lainnya - Peminat masalah sosial kemasyarakatan dan pemerhati berita HIV/AIDS

Aktivis LSM (media watch), peminat masalah sosial kemasyarakatan, dan pemerhati (berita) HIV/AIDS

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Ibu Rumah Tangga Pengidap HIV/AIDS Terbanyak di Bandung Barat

21 Mei 2018   20:11 Diperbarui: 21 Mei 2018   21:34 751 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi (Sumber: ibtimes.com)

"Mayoritas penderita HIV/AIDS itu adalah ibu rumah tangga yang tertular karena suami-suaminya sering 'jajan' di luar." Ini pernyataan dalam berita "Ibu-Ibu Tertular HIV karena Suami Sering 'Jajan' di Luar" di republika.co.id (21/5-2018) tentang kasus HIV/AIDS di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Pertanyaannya adalah: Dengan siapa suami-suami itu 'jajan' (baca: melakukan hubungan seksual tanpa kondom)? Tidak dijelaskan.

Kalau disebutkan dengan pekerja seks komersial (PSK) juga tidak karena di Bandung Barat jelas secara de jure tidak ada lokalisasi pelacuran.

Kalau begitu dengan siapa?

Ada kemungkinan dengan cewek-cewek penghibur yang juga bisa dibayar untuk melakukan hubungan seksual. Mereka itu dikenal sebagai PSK tidak langsung yaitu PSK yang tidak kasat mata, seperti cewek di panti pijat plus-plus, cewek kafe, cewek pub, anak sekolah, mahasiswi, dll.

Transaksi seks terjadi di sembarang tempat dan sembarang waktu dengan berbagai modus, bahkan melalui media sosial.

Jika suami-suami itu 'jajan' dengan PSK tidak langsung, maka tidak ada program penanggulangan yang bisa dijalankan. Itu artinya jumlah ibu rumah tangga yang (akan) tertular HIV/AIDS akan terus bertambah karena suami-suami yang 'jajan' tidak memakai kondom.

Kalau hanya mengandalkan sosialisasi itu sama saja dengan 'menggantang asap'. Sia-sia. Soalnya, mengubah perilaku tidak semudah membalik telapak tangan. Dari mulai sosialisasi sampai menyadari perilaku membutuhkan waktu dan pada rentang waktu itu mereka sudah melakukan perilaku berisiko tertular HIV.

Risiko tertular HIV melalui hubungan seksual bukan karena 'jajan' (sifat hubungan seksual), tapi karena cewek yang jadi pasangan seks suami-suami itu mengidap HIV/AIDS dan suami-suami itu tidak memakai kondom setiap kali melakukan hubungan seksual (kondisi hubungan seksua).

Perilaku suami yang berisiko tertular HIV, yaitu:

(a) sering melakukan hubungan seksual tanpa kondom di dalam dan di luar nikah dengan perempuan yang berganti-ganti karena ada kemungkinan salah satu dari perempuan tsb. mengidap HIV/AIDS, dan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan