Mohon tunggu...
Syaiful W. HARAHAP
Syaiful W. HARAHAP Mohon Tunggu... Peminat masalah sosial kemasyarakatan dan pemerhati berita HIV/AIDS

Aktivis LSM (media watch), peminat masalah sosial kemasyarakatan, dan pemerhati (berita) HIV/AIDS

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Takut Tertular HIV karena Pernah Merawat Pengidap AIDS

19 Februari 2018   08:45 Diperbarui: 19 Februari 2018   09:13 0 1 0 Mohon Tunggu...
Takut Tertular HIV karena Pernah Merawat Pengidap AIDS
Ilustrasi (Sumber: The Indian Express)

Tanya Jawab AIDS No2./Februari 2018

Oleh: Syaiful W. HARAHAP -- AIDS Watch Indonesia

Pengantar. Tanya-Jawab ini adalah jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dikirim melalui surat, telepon, SMS, dan e-mail. Jawaban disebarluaskan tanpa menyebut identitas yang bertanya dimaksudkan agar semua pembaca bisa berbagi informasi yang akurat tentang HIV/AIDS. Tanya-Jawab AIDS ini dimuat di: "AIDS Watch Indonesia" (http://www.aidsindonesia.com) dan kompasiana.com/infokespro. Yang ingin bertanya, silakan kirim pertanyaan ke Syaiful W. Harahap, melalui: (1) Telepon (021) 8566755, (2) e-mail: aidsindonesia@gmail.com, (3) SMS 08129092017, dan (4) WhatsApp:  0811974977. Redaksi.

*****

Tanya: Saya, seorang laki-laki. Kurang lebih 10 tahun yang lalu saya pernah bekerja dengan orang dan saya rawat orang sakit saya tidak tahu kalau dia pengidap HIV.Setelh dia mninggal baru saya tahu. Apakah tinggal serumah dengan pengidap HIV/AIDS ada kemungkinan besar kita akan tertular HIV? Saya sangat khawair karena saya mengalami gejala yang hampir mirip dengan tanda-tanda AIDS, seperti berat badan saya turun. Saya sering pusing, sakit kepala, badan terasa sakit. Saya sangat taku dan jadi pikiran terus. Saya tidak tes HIV karena takut.

Via WA, NTT, 31/1-2018

Jawab: Dalam jumlah yang bisa ditularkan virus (HIV) hanya ada dalam darah, air mani, cairan vagina, dan air susu ibu (ASI).

 

Nah, Saudara yang paling mengetahui, apakah ada salah satu atau beberapa cairan tsb. yang bersentuhan dengan tubuh Saudara?

Darah, misalnya, apakah Saudara pernah menerima transfusi darah dari orang tsb.? Kalau tidak pernah, maka tidak ada risiko penularan HIV.

Apakah darah orang tsb. pernah terpapar ke bagian-bagian tubuh Saudara? Kalau tidak pernah, maka tidak ada risiko tertular HIV.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x