Mohon tunggu...
indri wahyunia
indri wahyunia Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi menulis, konten hiburan, travelling, kuliner

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menumbuhkan Karakter dengan Membaca

2 Agustus 2022   22:27 Diperbarui: 2 Agustus 2022   22:31 118 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Membaca adalah jendela dunia. Membaca dapat memberi kita banyak manfaat. Semua informasi dapat kita perolehan melalui aktivitas membaca. Membaca pun dapat menjadi hiburan. Membaca dapat menambah motivasi dan membuat lebih percaya diri. Membaca juga dapat membantu menumbuhkan karakter.

Namun belum semua orang merasakan manfaat dari membaca. Sehingga aktivitas membaca belum menjadi kebiasaan. Ada beberapa layar belakang yang membuat orang enggan membaca. Tidak ada waktu. Tidak punya bahan bacaan. Banyak pekerjaan, dan alasan-alasan lain yang membuat aktivitas membaca itu begitu sulit untuk dilaksanakan. 

Menurut penulis jika seseorang telah menemukan bahan bacaan yang membuatnya berkesan pasti seseorang tersebut akan mulai mencari bahan bacaan lain. Sehingga seseorang tersebut akan terus membaca, membaca dan membaca. 

Hal tersebut yang penulis alami, dulu sewaktu sekolah dasar penulis pernah meminjam buku di perpustakaan sekolah. Penulis menemukan dan membaca tentang kisah anak pedesaan yang rajin belajar, pantang menyerah mencapai cita-cita nya. Penulis yang dulu masih usia sekolah dasar sudah memikirkan untuk mencontoh karakter positif dari tokoh tersebut. 

Hari-hari berikutnya penulis mencari buku yang lainnya dan membaca serta mencari hikmah apa yang bisa diambil dari bacaan tersebut. Keasyikan yang diperoleh saat membaca, membuat penulis mencari bahan bacaan lainnya untuk terus berselacar menikmati manfaat mencari. 

Berdasarkan pengalaman yang penulis alami. Penulis ingin membagikan pengalaman ini bahwa dengan membaca dapat memberikan banyak manfaat dan dapat menumbuhkan dan membentuk karakter kita. Tentu saja karaoke karakter positif yang kita harapkan. Oleh sebab itu, kita pun perlu selektif dalam memilih bahan bacaan yang bermanfaat bagi kita. 

Selamat membaca, selamat berselancar menjelajah dunia. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan