Mohon tunggu...
indri rahmawati
indri rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - pendididikan

SV IPB

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tidak Sulit Kok Belajar Untuk UTBK, Yuk Mulai dari Sekarang!

30 Juli 2021   17:55 Diperbarui: 30 Juli 2021   18:23 131 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tidak Sulit Kok Belajar Untuk UTBK,  Yuk Mulai dari Sekarang!
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tidak ada istilah terlalu dini untuk belajar, apalagi untuk mencapai suatu perguruan tinggi yang kita idamkan. Namun banyak dari kita mengeluhkan, “bagaimana belajarnya?”, “harus mulai dari mana?”, “dari mana sumbernya?”, dan tidak sedikit malah berpikir “ah masih lama kok, santai saja”. Akhirnya kita mengulur waktu sampai UTBK sudah di depan mata, dan kitapun menyesal kenapa tidak belajar dari awal.

Materi UTBK itu terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) yang dipergunakan untuk mengukur kemampuan kognitif serta Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang dipergunakan untuk mengukur kemampuan khusus sesuai bidang keilmuan atau akademik, TKA itu terdiri dari soshum atau saintek. kita tahu kalau materi UTBK itu sangat luas, soshum maupun saintek punya kesulitannya masing-masing, maka dari itu kita tidak bisa belajar hanya sebentar untuk memahami materi.

Tapi pasti kita juga akan kesulitan jika harus mengingat semua materi yang ada, malah kita bisa stres karena terlalau memaksakan, akhirnya banyak kasus orang yang sudah belajar mati-matian malah tidak lolos, sedangkan yang belajarnya santai malah lolos. Ko bisa? jawabannya bisa banget! Asalkan dari mulai kelas 10 kita rajin, rajin membaca, rajin mencatat, dan mengerjakan tugas maupun ulangan sendiri, dijamin deh sampai kelas 12 nanti akan tetap ingat jika dihadapkan soal.

Itu juga sebabnya kita lebih baik mengerjakan sendiri dan tidak mencontek, agar sedikit demi sedikit yang kita pelajari bisa diingat untuk jangka panjang. Nah kalau untuk TPS nya bisa berlatih dengan membaca cepat dan memahami apa maksud bacaan tersebut, dipahami juga kata demi kata. Jika sudah terbiasa, nantinya akan mudah untuk memahami soal-soal latihan utbk. Tetapi tetap santai, tidak perlu dipaksakan.

Selain kita sudah mempersiapkan utbk dari jauh-jauh hari, kita juga bisa sambil mengikuti SNMPTN jika eligible, karena nilai kita terus naik dari semester ke semester berikutnya dan tidak ada yang turun. Wah.. banyak ya manfaatnya belajar sejak dini, jadi tidak ada kesempatan yang terbuang percuma, seperti peribahasa “sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui”, yang artinya sekali melakukan suatu pekerjaan, beberapa maksud tercapai.

Lalu bagaimana dengan yang sudah terlanjur kelas 12? Tidak apa-apa kok, semua belum terlambat, kalau bisa ikut bimbel agar lebih maksimal, tapi kalau tidak pun bukan masalah, karena masih banyak cara lain, seperti membeli buku, menonton youtube, ikutan bimbel online, atau banyak juga soal-soal gratis dari teman ke teman, jadi tidak bimbel bukan berarti tidak ada peluang untuk lolos.

Selain belajar kita juga harus beribadah ya, jangan sombong jika kita pintar dan jangan menganggap rendah orang ataupun hal lain, karena itu juga berdampak loh pada hasil kita nanti. Kita semua pasti menginginkan yang terbaik, namun tak sedikit usaha mengkhianati hasil, tapi perlu diingat kalau itu semua tidak percuma, jika kita sudah paham, kita bisa ikut jalur lain, seperti jalur mandiri ataupun sekolah kedinasan, jika tidak lolos di SBMPTN.

Jadi, yuk lakukan belajar sejak awal, tidak ada yang rugi dari belajar, selain bisa untuk diri sendiri, kita juga bisa membantu teman lain yang tidak paham, tapi jangan lupakan bermain ya, suntuk, lho belajar terus, karena kita perlu teman yang banyak agar bisa saling membantu, jangan asal pilih teman ya, pilihlah teman yang bisa membantumu untuk bertumbuh juga.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN