Mohon tunggu...
Haryo Indrasmoro
Haryo Indrasmoro Mohon Tunggu...

Saya manusia yang memiliki keinginan melangit mengangkasa raya, memiliki blog pribadi di http://lalangit.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Travel

Bandengan, Bagaimana Keadaannya Kini

18 November 2012   18:44 Diperbarui: 24 Juni 2015   21:06 548 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bandengan, Bagaimana Keadaannya Kini
Pantai Bandengan Jepara (pasirpantai.com)

Lama tak kukunjungi, sudah lima tahun mungkin. Bandengan adalah nama salah satu pantai di Jepara. Tepatnya terletak di Desa Bandengan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Mengapa diberi nama bandengan? Mungkin dulu banyak ikan bandeng dibudidayakan oleh masyarakat sekitar.

[caption id="" align="aligncenter" width="424" caption="Lokasi Pantai Bandengan (Copyright 2012 Google)"][/caption]

Secara resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Jepara menamakannya Tirta Samudra. Dulu, jalan menuju lokasi pantai masih sederhana, jalan aspal batu biasa khas jalan desa. Lokasinya memang agak pinggir, jauh dari jalan utama. Banyak pohon pandan tumbuh di sekitar pantai. Pantainya sendiri berstruktur landai, mempunyai pesona pasir putih yang luas, dengan air lautnya yang jernih.

[caption id="" align="aligncenter" width="640" caption="Pantai Bandengan Jepara (sumber pasirpantai.com)"][/caption]

Ombak pun beriak-riak kecil, tipikal yang cocok sebagai tempat bermain dan berenang untuk anak-anak. Untuk urusan yang satu ini, penyewaan ban-dalam-bekas truk ukuran besar banyak dijumpai. Hanya untuk satu tujuan: sebagai pelampung, teman bermain air. Kegiatan lain yang sering dijumpai pengunjung termasuk saya ialah naik perahu nelayan yang disewa untuk mengitari seputar pantai.

Selain cakrawalanya yang memukau, kuliner makanan laut pun tersaji sederhana di warung-warung pesisir pantai. Kerang segar, rumput laut asli, tak ketinggalan ikan kakap ataupun kerapu segar hasil tangkapan nelayan tradisional. Istimewanya, ikan yang akan dihidangkan bisa dipilih sendiri untuk dimasak. Favorit saya kakap merah bakar dan kerang rebus pakai kecap. Nyaam!

Loh, itu dulu! Ingatan seorang bocah kala itu. Asal tahu saja, pantai ini merupakan favorit RA Kartini sewaktu kecil. Bagaimana keadaannya kini, sepertinya ingatan-ingatan itu perlu kusegarkan lagi...

NB: info tempat wisata Indonesia lainnya ada di www.indonesia.travel

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x