Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Cowok Hobi Memasak, Apakah Salah?

2 Juni 2022   09:08 Diperbarui: 2 Juni 2022   09:18 1359
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seorang Pria Yang Jago Memasak | Sumber Brilio.net

Cowok itu gak pantas hobi masak, itu kan kerjaan cewek

Saya pernah mendengar perkataan ini dari seseorang ketika melihat ada seorang cowok yang memiliki hobi memasak. Hal tersebut memunculkan pertanyaan dalam hati, apakah salah cowok memasak?

Munculnya stigma di atas tidak terlepas dari budaya dan tradisi yang berkembang di masyarakat kita. Pola berpikir yang tertanam sejak kecil bahwa sudah ada pembagian tugas antara cowok dan cewek ketika beranjak dewasa khususnya saat membina rumah tangga.

Cowok (suami) bertanggung jawab mencari nafkah untuk keluarga sedangkan cewek (istri) bertugas seperti memasak, membersihkan rumah tangga, merawat anak, serta tugas urusan domestik rumah tangga lainnya.

Saat kuliah, saya sempat melemparkan pertanyaan sederhana kepada beberapa teman cowok di jurusan. Apakah mereka bisa memasak dan jika bisa memasak tipe masakan/menu apa?

Saya hanya ingin mengetahui tentang pemikiran mereka apakah memasak selalu dikaitkan dengan gender khusus. Mayoritas teman saya mengatakan tidak bisa memasak.

Mereka masih sungkan untuk belajar memasak selain tidak diajarkan khusus saat masih kecil. Pertimbangan masih banyak tersedia warung makan atau resto yang bisa dijadikan tempat untuk kulineran.

Saya pun masuk dalam kategori yang tidak bisa memasak. Kemampuan memasak saya masih tergolong standar seperti hanya memasak mie instan, sarden, nasi goreng, telur dadar, tempe goreng atau bahan masakan instan. 

Andai disuruh memasak menu khusus seperti yang biasa dimasak oleh ibu saya seperti ayam bumbu kecap, sayur nangka, ikan balado atau  gulai ayam maka dengan pasti saya akan angkat tangan karena memang tidak menguasai. 

Artinya saya masih terjebak mindset memasak lebih cocok untuk cewek.

Lain hal dengan 2 teman sekaligus teman kos saat kuliah dulu di Malang. 2 teman saya ini tidak sungkan menginformasikan bahwa mereka memiliki hobi memasak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun