Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Sebelum Jadi Korban, Kenali Yuk Sindikat Penipuan Online

8 Mei 2022   13:32 Diperbarui: 10 Mei 2022   04:05 4981
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi penipu online. Sumber: Kompas.com

Beberapa hari lalu ibu saya cerita jika paman saya ditipu saat ingin membeli motor bekas. Setelah dikonfirmasi, paman saya ini tertarik dengan postingan pelaku yang menjual motor tarikan leasing dengan harga murah. 

Setelah interaksi melalui pesan Whatsapp, paman saya setuju mentransfer uang sebesar 7 juta sebagai mahar motor tersebut. Ironisnya setelah uang ditransfer, kontak paman saya diblokir pelaku. 

Paman hanya bisa meratapi nasib. Seandainya dia sharing ke keluarga besar saat rencana ingin membeli motor bekas melalui online. Mungkin saya bisa memberikan masukan agar tidak tertipu. 

Nyatanya nasi sudah menjadi bubur. Disinilah saya tertarik berbagi info apa yang bisa dilakukan agar terhindar dari penipuan online seperti ini. 

Penipuan online bukan hanya barang tidak dikirim setelah dilakukan pembayaran ada juga yang mengirimkan barang namun tidak sesuai dengan spesifikasi yang disampaikan atau justru berbeda sama sekali. 

Apa saja yang bisa kita lakukan sebagai upaya pencegahan?

Curigai Kolom Komentar Yang Disembunyikan

Biasanya ada oknum penjual nakal yang menebarkan aksi melalui sosial media khususnya instagram. Si oknum akan mengiklankan atau mempromosikan produk/jasa semenarik mungkin. 

Bahkan tidak jarang mereka menggunakan jasa adsense atau influencer untuk menarik konsumen. Namun ada 1 kejanggalan yang sering oknum lakukan yaitu menyembunyikan kolom komentar. 

Jika menemukan postingan yang menawarkan produk/jasa namun kolom komentar di non-aktifkan. Saran saya urungkan niat berbelanja di situs tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun