Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Kesalahan Fatal dan Etika Berkendaraan di Jalan Tol

23 Oktober 2021   09:59 Diperbarui: 6 November 2021   06:05 899 28 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.| Sumber: iStock/Kwangmoozaa via Kompas.com

Kemarin siang ada kejadian yang tidak terlupakan. Saat saya mengendarai mobil selepas meeting di salah satu pabrik di Cikarang. Tiba-tiba muncul suara, Brakkk. 

Ternyata beberapa mobil di depan saya mengalami kecelakaan beruntun. Kurang lebih ada sekitar 7 kendaraan yang menjadi korban dalam kecelakaan tersebut. 

Sontak saya melakukan rem sambil menekan tombol hazard untuk memberi tanda kendaraan di belakang. Saya kurang paham mengapa bisa terjadi kecelakaan beruntun di depan saya namun kecelakaan tersebut sontak membuat rasa kantuk hilang seketika.

Kasus ini saya banyak belajar bahwa sebenarnya mayoritas kecelakaan di Jalan Tol disebabkan oleh kelalaian si sopir

Kelalaian baik yang disengaja misal kebut-kebutan, tidak konsentrasi atau tidak mematuhi rambu serta kelalaian tidak sengaja misal lupa mengecek kondisi armada, mengantuk atau pecah ban tiba-tiba. 

Jalan tol sendiri memang sangat rawan terjadi kecelakaan karena jalan yang bebas hambatan, ada yang sepi, jalan terlalu lurus dan panjang sehingga rentan membuat bosan dan mengantuk. 

Kecelakaan Beruntun Yang Terjadi di Tol. Sumber Situs Suara.com .
Kecelakaan Beruntun Yang Terjadi di Tol. Sumber Situs Suara.com .

Menguntip dari salah satu situs online, Tol Cipali menjadi lokasi tol yang banyak terjadi kecelakaan. Bahkan dalam sebulan rata-rata terjadi 36 kali kecelakaan dimana 80% disebabkan oleh faktor manusia (Sumber Klik di sini). 

Kecelakaan dalam tol sebenarnya masih bisa dicegah jika mengetahui beberapa pantangan dan kondisi tertentu. Apa saja itu? 

Jangan Sepelekan Posisi Samping Driver

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan