Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Ketika Non Muslim Ikut Puasa. Apakah Bisa Jadi Motivasi?

14 April 2021   18:29 Diperbarui: 14 April 2021   20:57 1120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Tengah Berpuasa. Sumber Tribunnews

Wuah Pak Aliong hebat, dia ikut puasa loh? 

Sebuah pujian terlontar dari seseorang di kantor ke Pak Aliong, salah seorang manager di pabrik. Pak Aliong merupakan keturunan Chinese dengan perawakan tubuh tinggi bongsor dan beragama Buddha. 

Saat saya pertama kali mengetahui, saya kaget karena ada perasaan tidak menyangka. Apalagi sosok Pak Aliong yang saya kenal hobi makan. Bahkan pernah satu kejadian dirinya menantang anak buahnya makan mie ayam. Yang mampu mengalahkan porsi makannya, akan diberi hadiah ratusan ribu. 

Nyatanya tidak ada satupun anak buah yang berhasil mengalahkan dirinya. Jangan kaget dirinya bisa menghabiskan 6 porsi Mie Ayam sekaligus dimana saya makan 2 porsi saja sudah ngap-ngapan. Big bos pun mengakui kemampuan makan Pak Aliong yang sangat besar sehingga wajar perawakannya tidak masuk kriteria proporsional. Hehe

Hal mengejutkan saya lagi pernah suatu ketika mengajaknya makan di sekitar kantor. Tiba-tiba ajakan saya ditolak dengan alasan sedang puasa Senin dan Kamis layaknya kebiasaan umat Muslim. Maka saya tidak kaget ketika dirinya antusias menyambut ramadhan meskipun tidak langsung merayakan. 

Iseng saya bertanya apa alasan Pak Aliong rajin berpuasa Senin dan Kamis serta disaat Bulan Puasa. Ternyata Pak Aliong memberikan 4 alasan yang membuat saya terkagum. 

1. Biar Tidak Ada Alasan Puasa Untuk Bermalasan

Pak Aliong memang bertugas terhadap divisi pengiriman produk. Anak buahnya pun menyentuh 100 orang yang sebagian besar adalah sopir dan helper. 

Dulu sebelum rutin ikut berpuasa, anak buahnya sering mengeluh capek dan menolak melakukan pengiriman jauh. Bahkan ada saja alasan yang diutarakan anak buah seperti kebablasan tidur sehingga telat masuk kantor. 

Ternyata salah satu alasan utama Pak Aliong ikut berpuasa untuk membuktikan bahwa puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun