Mohon tunggu...
Indra Rahadian
Indra Rahadian Mohon Tunggu... Administrasi - Pegawai Swasta

Pemerhati sosial dari sudut pandang kedai kopi/penikmat sastra/penonton huru hara politik

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Penulis Fiksi, Kompasiana dan Sukacita

28 November 2021   13:35 Diperbarui: 28 November 2021   20:45 551 99 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi seorang penulis di depan layar komputer (Foto: iAmMrRob Via Pixabay)

Kak karangan-karangan itu bagus, tetapi kita hampir mati kelaparan. Sebab itu carilah pekerjaan.

Perkataan Surtiah kepada Open dalam cerita pendek berjudul Jalan Lain ke Roma karya Idrus (Kumpulan Cerpen Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma), konon mirip dengan situasi yang dialami oleh Chairil Anwar, saat merasa dipaksa membuat sajak untuk kebutuhan rumah tangga oleh Hapsah, istrinya.  

Menulis Fiksi, sejak zaman baheula ternyata kerap dipandang sebagai pekerjaan yang kurang menghasilkan. Kepuasan dan kesenangan, terkadang tidak berbanding lurus dengan income

Di zaman sekarang, kita lebih beruntung diberikan referensi Penulis Fiksi yang mampu membuat kita berdecak kagum, dengan karya dan penghasilan yang besar. 

Namun dengan segala perjuangan yang tidak mudah, meski pun beberapa penulis mempunyai privilege berupa popularitas sebelum menghasilkan karya Fiksi. 

Mereka menjadi inspirasi untuk penulis pemula. Dan berharap hobi, pesan dan kesenangan yang dilakukan, dapat memberikan inspirasi yang sama kepada orang lain. Hingga suatu saat, dapat menjadi sumber penghasilan. 

"Tidak ada usaha yang sia-sia, yang ada kesia-siaan tanpa usaha," usaha terbaik untuk memulai harapan itu adalah dengan menulis, konsisten dan memperbaiki. Dan yang lebih penting, adalah menempatkan tulisan kita di media yang tepat. 

Banyak pilihan platform menulis secara online, baik yang khusus untuk memuat karya sastra, maupun umum. Baik yang hanya menyediakan ruang, maupun yang memberikan benefit tambahan. 

Kompasiana adalah platform menulis yang paling banyak direkomendasikan. Benefit berupa keterbacaan tinggi, reward, pilihan komunitas, apresiasi, dan event-event berhadiah. Paket lengkap untuk penulis pemula. 

Pengalaman mengais ilmu dari penulis senior secara lebih dekat, adalah nilai tambah. Di mana Kompasianer dapat menempatkan diri sebagai mitra, pelapak, anak magang, atau produknya sendiri. Namun apapun itu, penulis Fiksi adalah manusia-manusia yang merdeka. 

Konon rubrik Fiksiana di Kompasiana, menjadi jalan sunyi bagi penulis untuk membebaskan emosi. Dan tak jarang, penulis artikel populer maupun politik, menyempatkan waktu untuk berbagi inspirasi melalui cerpen dan puisi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan