Mohon tunggu...
INDAH PRATIWI HERIYANTI
INDAH PRATIWI HERIYANTI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan

Proud To Be a Counselor, Saya Bangga!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Berhasil Mengantarkan Sekolah Menjadi Juara Melalui Program Kampus Mengajar

1 Juli 2021   10:00 Diperbarui: 27 Juli 2021   07:02 173 4 1 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid 19, telah merubah seluruh sektor kehidupan. Salah satu sektor yang terdampak adalah sektor Pendidikan. Dengan menyebarnya virus ke seluruh Indonesia bahkan dunia, mengharuskan pemerintah untuk melakukan suatu kebijakan. Kebijakan yang diambil yaitu dengan penerapan social distancing yang akhirnya membuat proses belajar mengajar terpaksa dilaksanakan secara daring atau jarak jauh. Tentu saja hal tersebut membuat bingung para pemangku jabatan pendidikan. Pasalnya, kebijakan yang tiba-tiba karena virus juga yang datang secara mendadak, membuat semua komponen dalam pendidikan belum siap untuk melaksanakan pembelajaran daring.  Hal tersebut dikarenakan teknologi menjadi suatu komponen penting agar proses belajar mengajar tetap bisa berlangsung. Namun, tidak semua sekolah dapat memanfaatkan teknologi untuk belajar mengajar dengan baik. Terutama pada sekolah yang jauh dari perkotaan. Sinyal, kuota dan juga gadget menjadi suatu kendala yang pokok. Dan peran guru tidak bisa digantikan oleh teknologi. Karena siswa masih sangat memerlukan bantuan guru secara langsung. Terlebih pada siswa Sekolah Dasar yang sangat membutuhkan peran guru secara langsung dalam proses belajar mereka. Sehingga untuk menjawab tantangan pada situasi tersebut, pemerintah membuat sebuah program yaitu Kampus Mengajar.

Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program merdeka belajar dari Kemendikbud RI yang ditujukan untuk mahasiswa di Indonesia dalam membantu pembelajaran literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi pada guru dan siswa Sekolah Dasar. Untuk mengikuti program ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendaftar, kemudian mengikuti serangkain seleksi melalui dua tahap. Tahap 1 yaitu seleksi administrasi dan tahap 2 yaitu survey kebhinekaan. Mahasiswa terbaik yang lolos hanya terdapat kuota 15.000 diantara 36.000 an mahasiswa yang mendaftar.

SDN 2 Salamerta merupakan salah satu Sekolah Dasar di Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara yang menjadi sasaran Program Kampus Mengajar. Lolos seleksi tentu merupakan momentum yang membanggakan bagi mahasiswa. Rasa senang yang luar biasa karena menjadi salah satu mahasiswa terpilih untuk mengikuti program diantara ribuan mahasiswa yang mendaftar. Sebelum penerjunan, mahasiswa diberikan pembekalan yang sangat bermanfaat untuk proses pembelajaran dan membantu guru di sekolah nantinya. 

Pada minggu pertama di sekolah, mahasiswa di SDN 2 Salamerta diberikan kesempatan yang sangat menarik dan dipercaya untuk membantu sekolah dalam pembuatan video vlog untuk mengikuti Lomba Vlog dengan judul "Ayo Terapkan 3M (Mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak)". Lomba diadakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Mandiraja. 

Tujuan lomba ini selain untuk melakukan edukasi protokol kesehatan juga untuk menambah pengalaman, wawasan dan keterampilan peserta didik melalui penguasaan teknologi audio visual untuk tujuan pendidikan dan mendorong peningkatan peran dan kreatifitas Pramuka Golongan Penggalang. Mengingat, adanya pandemi covid 19 berimbas kepada kegiatan belajar mengajar dalam dunia pendidikan yang harus dilakukan dengan Pembelajaran Jarak Jauh atau Daring. Sehingga siswa memiliki ruang terbatas untuk tetap melaksanakan kegiatan pramuka secara langsung. Pandemi Covid 19 juga mengharuskan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan untuk mengindari keganasan dari virus. Sehingga lomba tersebut merupakan edukasi inovatif yang sangat bermanfaat dan berpengaruh pada siswa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. 

Dengan adanya lomba tersebut sangat memudahkan mahasiswa dalam memberikan edukasi protokol kesehatan kepada siswa secara langsung. Dan video yang sudah jadi nantinya bisa disebarkan melalui Whats Up Grup kepada wali murid dan juga kepada siswa. Karena lomba tersebut juga sejalan dengan salah satu program yang akan dijalankan oleh mahasiswa yaitu Program "Edukasi Perilaku Hidup Bersih Selama Pandemi".

Persiapan pembuatan video tergolong singkat. Informasi mengenai lomba diberitahukan oleh sekolah pada tanggal 26 Maret 2021. Selanjutnya mahasiswa secara langsung membuat konsep yang menarik untuk ditonton dan dapat tersampaikan tujuan dari video. Pembuatan video, Dilakukan pada tanggal 29 Maret 2021. Pembuatan video hanya dilakukan selama satu hari.

Dokpri
Dokpri
Selama membuat video, adik-adik yang terpilih sangat antusias untuk mengikuti arahan . Konsep yang diambil tentunya sangat menarik minat penonton yaitu bernyanyi sambil mempraktekkan gerakan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Adik-adik sangat senang, walaupun teriknya matahari sangat menyengat kulit. Salah satu siswa yaitu Febriana mengatakan bahwa ia awalnya sangat malu untuk mengekspresikan dirinya karena baru pertama kali ia membuat video dengan kakak mahasiswa. Namun, ia mulai terbiasa dan selalu tersenyum saat pembuatan video.  Video dilakukan proses editing dan penguploadan ke Youtube untuk kemudian link Youtube dikirimkan kepada pihak penyelenggara. Dan tinggal menunggu pengumuman lomba pada tanggal 1 1 April 2021. Dengan adanya lomba tersebut tentunya tidak ada harapan yang besar agar dapat menyabet gelar kejuaran karena peserta lomba diikuti oleh sekitar 20 sekolah. Tanpa disangka saat pengumuman tiba, rasa syukur menyelimuti hati para mahasiswa karena pihak sekolah memberikan kabar gembira bahwa SDN 2 Salamerta mendapatkan Juara 2 pada Lomba Vlog sekecamatan Mandiraja ini dengan 1.957x ditonton dan 460 likes.

Dokpri
Dokpri
Hal yang tidak disangka itupun dapat memberikan sumbangsih yang nyata kepada sekolah karena mahasiswa Program Kampus Mengajar dapat mengantarkan sekolah untuk juara. Hal tersebut menjadi langkah awal untuk membuktikan bahwa Program Kampus Mengajar memberikan peluang dan kesempatan yang sangat luas bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan potensi dan dapat terus membantu serta memberikan manfaat yang terbaik untuk Sekolah Dasar sasaran program.

Rasa terimakasih dan rasa syukur tidak terlupa diucapkan oleh Kepala Sekolah SDN 2 Salamerta dan berharap bahwa Mahasiswa Program Kampus Mengajar dapat terus memberikan yang terbaik dan membantu memotivasi siswa agar dapat terus belajar dan mengembangkan diri secara optimal. 

Berikut link Video Vlog Ayo Terapkan PHBS yang bisa pembaca tonton,
https://youtu.be/VWyds6XT0jA

Penulis : Indah Pratiwi Heriyanti, Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Ahmad Dahlan

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN