Mohon tunggu...
Indah Novita Dewi
Indah Novita Dewi Mohon Tunggu... Penulis - Hobi menulis dan membaca.

PNS dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Stok Buku Bertambah Tapi Nggak Sempat Baca, Bagaimana Mengatasinya?

19 April 2023   06:06 Diperbarui: 19 April 2023   06:31 506
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tambahan koleksi buku dari kawan FB (dokumen pribadi)

Selamat pagi, teman-teman. Saat ngabuburit masih lama begini, enaknya baca-baca artikel ringan macam artikel saya ini. Yuk, cekidot.

Saya hendak ngobrolin masalah hobi saya yaitu membaca. Rasa-rasanya saya sekarang agak sedikit malu dan pekewuh kalau nulis 'membaca' sebagai hobi. Kenapa? Karena kalau ada yang bertanya, buku apa yang terakhir dibaca? Wah, dijamin saya gelagepan jawabnya. Waduh, buku apa, ya? Waduh, kapan terakhir baca, ya? Rasa-rasanya yang terakhir saya baca sebelum ngetik artikel ini ya artikel Kompasiana tapi kalau buku?

Mungkin buku 'Brianna' karya Andrea Hirata yang saya baca beberapa bulan lalu. Alamak, begitu kau bilang hobi baca? Beberapa bulan lalu??? *tutup muka*

Yayaya,  sekarang ini, tepatnya tiga sampai empat tahun belakangan, saya jarang sekali membaca buku. Saya masih suka buku dan masih sering beli. Tapi ya itu, kalau beli hanya dilihat-lihat kovernya dengan puas, lalu diletakkan di rak buku sambil menggumam,  besok ah kubaca. Besok besok besoook banget, itu realitanya.  

Dan dari hobi membaca buku, pelan-pelan saya bergeser menjadi penimbun buku. Beli doang, baca kagak.

Aiiih, apakah hal ini patut untuk dibiarkan berkepanjangan dan menjadi-jadi? Tentu tidak, Kevin. Kebiasaan menimbun buku harus dihentikan segera dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Laksanakan!

Tips Agar Bisa Membaca Tiap Hari

1. Niat
Semua hal yang kita kerjakan diawali dengan niat. Tentu niat ini bukan hanya sekadar niat terus sudah. Niat harus diejawantahkan menjadi perbuatan. Miliki niat yang kuat dan patrikan manfaat kegiatan yang akan dilakukan.

Misal gini, "Ya Allah saya niat mau ngurangi timbunan buku. Bukan dengan menjualnya ya Allah, tapi dengan membacanya. Beri kemudahan ya Allah agar hobi saya beli buku tidak termasuk golongan perbuatan yang mubazir namun bermanfaat karena nilai gizi di dalam buku-buku yang saya baca akan mengenyangkan rasa lapar pada ilmu dan pengetahuan, dan bisa bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain, aamiin.

2. Mulai dari yang kecil, one day one Page

Nggak usah malu kalau harus mundur beberapa langkah. Dulu satu buku kelar dibaca dalam tiga jam, sekarang boro-boro. Ada juga 3 bulan baru kelar 1 buku. Makanya yuk mulai lagi dikit-dikit sehari minimal satu halaman, dirutinkan mulai sekarang. Mulai!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun