Mohon tunggu...
Indah Novita Dewi
Indah Novita Dewi Mohon Tunggu... Penulis - Hobi menulis dan membaca.

PNS dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Hobiku Tetap Tersalurkan di Ramadan

13 April 2023   23:46 Diperbarui: 13 April 2023   23:52 743
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobiku Tetap Tersalurkan di Ramadan (Sumber: Pexels/RODNAE Productions)

Berbicara tentang hobi di bulan Ramadan, sebagian orang bisa jadi menghentikan hobinya sementara di bulan Ramadan. Misalnya nggak jauh-jauh, saya yang biasanya selalu nyari-nyari film di netflix, di bulan Ramadan stop dulu. Waktunya nggak cukup kalau mau netflix-netflixan, hehehe.

Namun, ada hobi saya yang tetap tersalurkan, yaitu hobi membaca dan menulis. Khususnya membaca dan menulis artikel-artikel di Kompasiana.

Bahkan dengan adanya program Samber, maka hobi membaca dan menulis tersalurkan bisa dilakukan one day one article.

Biasanya begini keseharian saya di bulan Ramadan, dimulai dari saat makan sahur.

Saya biasa bangun pukul 03.00 untuk menyiapkan hidangan sahur. Biasanya sambil sekrol-sekrol sedikit ngintip Kompasiana. Saya membalas kunjungan ke lapak teman yang mengomentari artikel saya.

Kami sekeluarga akan makan sahur tepat pukul 04.00 dan subuh biasanya sekitar pukul 04.45. Setelah salat Subuh, biasa tadarus sebentar, atau kembali membaca artikel di Kompasiana. Setelah itu saya mandi dan pukul 07.15 sudah harus berangkat ke kantor setelah sebelumnya mengantar anak-anak ke sekolah.

Jam kerja saya di bulan Ramadan berubah menjadi dari 08.00 - 15.00, kecuali di hari Jumat pulang pukul 15.30. Sepanjang hari saya beraktivitas di kantor lalu bertugas di event Ramadan Fair pukul 14.00 - 16.00. Saya pulang pukul 16.00 dan sampai di rumah 16.30 langsung menyiapkan buka puasa.

Maghrib kami berbuka dan pukul 19.30 sudah harus OTW ke masjid untuk salat Isya dan taraweh. Nah, paling cepat saya baru bisa menulis artikel di Kompasiana setelah pulang taraweh yaitu sekitar pukul 21.30 atau lebih. Jadi kadang-kadang berkejaran dengan deadline jam cinderella dan rasa kantuk yang menjadi-jadi. Belum lagi kalau ketiduran kayak sekarang ini...duh saya nggak tahu apakah artikel yang sedang saya ketik ini masuk di waktu yang tepat atau molor. Tapi biar sajalah namanya juga ketiduran, manusiawi kan...

Oh ya, biasanya saya juga langsung membaca artikel-artikel di Kompasiana setelah menyelesaikan tulisan saya. Setelah itu saya tidur, dan semua berulang seperti cerita saya di atas. 

Tentunya jadwal saya itu agak longgar kalau hari libur, Sabtu-Ahad. Nulis dan bacanya bisa siang-siang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun