Mohon tunggu...
Indah Novita Dewi
Indah Novita Dewi Mohon Tunggu... Penulis - Hobi menulis dan membaca.

PNS dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Meinopoli, Cerita Panjang tentang Sebuah Kapan: Membukukan Cinta, Why Not

25 Juli 2022   20:22 Diperbarui: 25 Juli 2022   20:32 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu buku yang saya baca tuntas di episode 2022 ini adalah "Meinopoli, Cerita Panjang Tentang Sebuah Kapan," karya Etha Wardhana, nama pena yang dipakai oleh salah satu sahabat saya yang penulis, mbak Etyastari Soeharto. Sebelum lebih panjang mengulas buku/novelnya, terlebih dahulu saya tuliskan identitas buku.

Judul           : Meinopoli, Cerita Panjang Tentang Sebuah Kapan

Penulis      : Etha Wardana

Penerbit    : BookLets, Yogyakarta

Tebal          : 334 halaman

Meinopoli merupakan buku solo kedua dari sang penulis. Buku pertamanya adalah "Mosaic of Haramain" sebuah buku memoar perjalanannya menunaikan ibadah haji.

Yang hebat dari mbak Ets, demikian saya biasa memanggilnya, kedua buku tersebut - dan juga kemudian buku ketiganya, ia terbitkan secara self publishing. Ia menyusun naskah, mengedit, memberi ide gambar sampul, membiayai, dan menjual sendiri buku-bukunya dengan gayanya sendiri.

Gayanya bagaimana? Promosi di medsos (FB) dengan mode soft selling yang luar biasa. Jauh sebelum Meinopoli terbit, ia sudah melakukan sounding dengan mengunggah status FB berupa potongan-potongan naskahnya. Dan potongan-potongan yang ia pilih, menurut saya memang berhasil memengaruhi pembaca statusnya untuk penasaran dan kemudian langsung pesan - jauh sebelum buku itu terbit.

Suatu ketika malah saya membaca ada nama saya masuk sebagai salah satu tokoh di Meinopoli. Kalau difilmkan mungkin masuk deretan tokoh figuran gitu. Tapi jelas potongan itu bikin hati saya hangat dan buru-buru pesan ... hahaha ... nggak ding, walaupun nggak ada nama saya, pastilah saya pesan karena saya tahu kualitas tulisan mbak Ets.

Oke, sekarang kita masuk pada substansi isi novel. Mengapa saya tulis pada judul artikel: Membukukan Cinta? Karena isi buku ini exactly adalah perjalanan cintanya mbak Ets. Lika-liku perjodohan yang gagal, cinta dari penipu berkedok dokter, cinta yang tak berbalas (sori mbak Ets kalau salah menyimpulkan), dan dikejar-kejar brondong ... eh maaf lagi kalau salah. Intinya bagaimana mbak Ets akhirnya bertemu her true love.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun