Mohon tunggu...
Indah Novita Dewi
Indah Novita Dewi Mohon Tunggu... Penulis - Hobi menulis dan membaca.

PNS dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pensiun Rencana Mau Ngapain? Jualan Tulisan Saja di Kompasiana

5 Februari 2022   13:23 Diperbarui: 5 Februari 2022   13:29 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Pensiun Rencana Mau Ngapain? (Sumber: Pexels/Anna Shvets)

Masa Pensiun Pasti Akan Datang

Masa pensiun normal saya, andai sehat dan panjang umur, akan saya peroleh 12 tahun lagi. Jangka waktu yang boleh dibilang masih lama, tapi boleh juga dibilang singkat. Tergantung cara pandangnya.

Ngobrolin pensiun yang masih 12 tahun lagi terasa agak di awang-awang, namun tetap penting untuk direncanakan sejak dini. Karena cepat atau lambat, masa itu pasti akan datang.

Tidak hanya saya, beberapa teman juga kadang membicarakan masa pensiun. Beberapa sudah memiliki pekerjaan atau bisnis sampingan. Beberapa memiliki hobi yang potensial untuk dikembangkan dalam mendulang cuan.

Bisnis sampingan beberapa teman yang kelihatan menjanjikan itu antara lain:

1. Jual mukena dan gamis online

Selain mukena dan gamis, teman yang saya maksud juga jual berbagai perlengkapan hijab. Sekilas walau saya tak pernah bertanya, usahanya terlihat sukses. Tiap promo di grup WA selalu ada yang beli. Saya juga hampir setiap bulan beli sesuatu, entah mukena, entah rok bawahan, entah sekadar ciput atau dalaman jilbab. Tiga cewek dalam satu rumah cukup membuat rempong urusan beli pakaian, dan jualan teman itu merupakan salah satu tujuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan kami.

2. Bisnis pre order kue

Teman yang lain bisnis pre order kue. Dia memang hobi baking. Dia tidak rutin membuat kue, tapi kadang open pre order melalui status WA atau facebook. Dan selalu laris tiap open PO. Dia belum memiliki karyawan, jadi kerjanya masih suka-suka. Tapi saya yakin kalau pensiun kelak dan banting setir serius di bidang perbakingan, teman saya itu bakal sukses mendulang cuan dari baking.

3. Bisnis bibit

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun