Mohon tunggu...
Indah Novita Dewi
Indah Novita Dewi Mohon Tunggu... Penulis - Hobi menulis dan membaca.

PNS dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Resolusi Sehat 2022, Minum Air Delapan Gelas Per Hari Plus Minuman Herbal

10 Januari 2022   22:02 Diperbarui: 10 Januari 2022   22:20 402
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Resolusi Sehat 2022, Minum Air Delapan Gelas Perhari (Sumber:pexels/anna urlapova)

Tahun 2020 dan 2021 menyisakan banyak cerita dan pelajaran buat kita semua. Ada masanya saat itu, kecemasan sedemikian mencekam. Setiap hari ada berita kematian. Hal itu sedikit banyak memberikan kesadaran akan pentingnya hidup sehat. Hampir setiap orang memiliki resolusi sehat di tahun 2022. Buat saya, resolusinya sederhana saja, merutinkan minum air delapan gelas perhari plus minuman herbal.

Terdengar sangat sederhana, ya? Minum air delapan gelas perhari dijadikan resolusi sehat 2022? Memangnya kemarin-kemarin jarang minum air putih? Sedangkan minuman herbal ... minuman herbal yang seperti apa yang dimaksud?

Betul. Minum air delapan gelas perhari bagi yang telah rutin melakukannya merupakan hal yang sederhana dan biasa saja. Tidak demikian bagi saya yang jarang merasa haus. Kadang saya baru sadar kalau saya belum minum seharian, ketika hari sudah beranjak sore. Jadi, tepat kiranya jika minum air delapan gelas perhari saya jadikan resolusi sehat 2022, bukan? Supaya lebih afdhol, saya juga akan menambahkan minuman herbal sebagai minuman wajib konsumsi menemani hari-hari saya di 2022.

Bagaimana saya mencoba untuk merutinkan minum air delapan gelas perhari? Saya mencoba membuat formula sendiri yang sangat sederhana untuk orang pelupa seperti saya.

Saya akan minum 4 gelas air sebelum pukul 12.00; dan minum 4 gelas lagi setelah pukul 12.00 hingga menjelang tidur di malam hari. Empat gelas yang pertama akan saya bagi menjadi: 2 gelas saat bangun tidur, segelas setelah sarapan, dan segelas saat makan siang.

Empat gelas berikutnya akan saya bagi menjadi: dua gelas di sore hari, segelas saat makan malam, dan segelas sebelum tidur. Tentu pengaturan ini akan dapat terlaksana jika saya fokus dan serius dalam mencapai resolusi sehat 2022 tersebut.

Apakah saya tidak akan minum minuman manis seperti teh kemasan atau susu? Tentu sesekali saya masih akan mengonsumsi. Tapi air putih tetaplah menjadi prioritas utama. Minuman manis juga tidak boleh mengurangi jatah air putih delapan gelas perhari,

Berikutnya adalah minuman herbal. Sudah menjadi rahasia umum jika minuman herbal sangat baik untuk tubuh. Tanaman herbal yang dicampurkan dalam minuman bermacam-macam. Bisa jahe, kunyit, temulawak, dan jenis tanaman rimpang atau empon-empon lainnya.

Biasanya saya tidak neko-neko dalam mengonsumsi minuman herbal. Kadang sederhana sekali, hanya menyeduh geprekan jahe dengan air panas, lalu meminumnya dalam kondisi hangat-hangat kuku. Mau dicampur yang lain-lain, kesannya kok ribet bin makan waktu.

Lalu suatu hari saya dapat info dari teman mengenai salah satu minuman herbal yang mengonsumsinya tidak pakai ribet, karena langsung saja dicampur air panas, sudah mendapatkan ramuan herbal yang komplit. Minuman herbal yang dimaksud teman saya itu adalah Saripati LAER. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun