Mohon tunggu...
Indah Novita
Indah Novita Mohon Tunggu... Penulis - Hobi menulis dan membaca.

PNS dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

PNS Dipecat? Tentu Saja Bisa, Asal ...

18 September 2021   22:26 Diperbarui: 21 September 2021   10:55 874 37 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
PNS Dipecat? Tentu Saja Bisa, Asal ...
Ilustrasi ASN dan PNS. (sumber: TRIBUN JABAR via kompas.com)

Sebagai seorang PNS, terus terang saya merasa wajib menuliskan opini terkait topik pilihan Kompasiana kali ini, yaitu PNS BOLOS DIPECAT. 

Topik pilihan ini terkait dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah No.94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Dialam peraturan tersebut terdapat berbagai kasus ketidakdisiplinan PNS dan sanksi yang diperoleh jika melakukannya. Tapi, kita akan membahas cukup di point tentang jam kerja dan menaati ketentuan jam kerja.

Jadi menurut peraturan tersebut, dan sebenarnya juga telah dibahas di peraturan sebelumnya (walaupun mungkin peraturan sebelumnya agak lebih longgar), PNS bolos sangat bisa diberikan hukuman disiplin berat/dipecat jika:

1. Tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah secara kumulatif selama 28 hari kerja atau lebih, dalam satu tahun

2. Tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah secara terus menerus selama 10 hari kerja

Bisa dipahami, kan? 

Contoh kasus 1: si Fulan pada bulan Januari tidak masuk kerja tanpa alasan alias bolos selama 2 hari. Bulan Februari juga 2 hari, juga bulan berikutnya. Jadi total 2 X 12 = 24 hari bolos dalam setahun - dia masih lolos jerat hukuman pemecatan. 

Lha belum 28 hari, kok. Tapi dia tetap kena hukum yaitu penurunan jabatan. Jika tahun berikutnya kesalahan diulang lagi, baru dia terancam dipecat karena mengulangi kesalahan yang sama, di mana hukumannya harus lebih berat dari yang pernah ia dapatkan.

Oya, patut dicatat bahwa untuk hukuman paling ringan yaitu pemberian peringatan, sudah diberikan pada PNS yang tiga hari berturut-turut tidak masuk tanpa izin, ya. Jangan kemudian berpikiran, enak kalau gitu tiap tahun mbolos asal ndak nyampai 28 hari, hahaha. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan