Mohon tunggu...
Indah AviraMutiara
Indah AviraMutiara Mohon Tunggu... Mahasiswa Perencanaan Wilayah Dan Kota Univeritas Jember

181910501015

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Apa Kelebihan dan Kelemahan MSA?

25 November 2019   06:27 Diperbarui: 25 November 2019   06:32 305 1 0 Mohon Tunggu...

Tujuan utama dari pembangunan ekonomi Indonesia yaitu terciptanya masyarakat sejahtera dan adil. Dalam pembangunan yang akan dilaksanakan di Indonesia yang meliputi pembangunan dalam segala aspek kehidupan yang dasarnya bertujuan untuk menciptakan pembangunan yang kuat bagi Negara Indonesia untuk tumbuh dan berkembang menuju masyarakat makmur dan adil yang merata.

Pembangunan nasional juga perlu memperhatikan pembangunan daerah, dikarenakan untuk pembangunan daerah merupakan bagian dari pembangunan nasional yang memiliki tujuan untuk meningkatkan lagi taraf hidup yang sejahtera di suatu daerah.

Dalam pembangunan daerah juga terdapat permasalahan juga yang biasanya terletak pada kebijakan- kebijakan pada pembangunan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah, dengan sesuai potensi- potensi yang dimiliki di suatu daerah.

 Dalam pertumbuhan perekonomian yang merupakan salah satu indikator sangat penting guna untuk menganalisis pembangunan ekonomi yang terjadi di suatu negara atau yang terjadi di suatu wilayah. pertumbuhan juga tidak hanya identik dengan pembangunan, pertumbuhan perekonomian dengan salah satu cirinya dari banyak syarat yang dilakukan dalam suatu proses pembangunan.

Pertumbuhan perekonomian dipandang sebagai suatu hal yang paling penting yang diutamakan pada suatu pembangunan di setiap wilayah demi berputarnya poros roda perekonomian, yang dimana nantinya hasil pendapatan tersebut dimaksudkan untuk pembangunan demi masyarakat hidup sejahtera. Banyak cara untuk mengetahui kebutuhan dan kelebihan pada suatu daerah.

 Salah satunya dengan mengetahui keunggulan komparatif yang dimiliki oleh suatu daerah. Selain itu untuk menunjang dalam suatu produksi atau ouput pada suatu sektor unggulan maka dapat menggunakan analisis input-output. Demi menunjangnya keseluruhan sektor yang ada maka akan diperlukannya MSA sehingga dapat menunjang keseluruhan sektor yang saling berkaitan pada setiap daerah.

Pertumbuhan perekonomian dengan laju pertumbuhan yang sangat cepat biasanya karena adanya suatu faktor di sektor unggulan yang berada di daerah atau suatu wilayah. Untuk dari sektor unggulan, maka dapat menyumbang pertumbuhan ekonomi dengan laju pertumbuhan yang sangat cepat. Di sektor unggulan akan memunculkan multi sektor analisis. Sektor analisis akan diketahui faktor dan industri apa saja yang mendukung dan berkontribusi.

Selain itu dengan multi sektor analisis  dapat mengetahui adanya daya saing dan resiko pada suatu industri di suatu kawasan atau suatu wilayah dimasa yang akan datang. Multi sektor analisis untuk menentukan suatu kelebihan dan kelemahan pada suatu sektor dapat diketahui dengan analisa swot, teori matriks dengan analisa ini dibedakan serta akan mendapatkan bobot nilai yang telah ditentukan sesuai kriteria.

Dalam multi sektor analisis yang menjadi suatu sektor penentu yaitu adanya daya saing, dengan faktor penentu daya saing maka akan digunakan sebagai penggerak dan pendorong perekonomian pada laju pertumbuhan di suatu wilayah atau di suatu daerah.

Untuk multi sektor analisis juga dapat digunakan untuk penentuan infrastruktur yang sehingga dengan melakukan analisis tersebut maka akan memudahkan pembangunan infrastruktur merata dengan adil dan masyarakat semua juga dapat merasakannya.

Karena infrastruktur sangat penting dalam sistem pendukung untuk perekonomian nasional. Maka dengan itu, analisa tersebut dapat menunjang pada sektor unggulan di suatu wilayah, dengan dapat melihat hal tersebut maka untuk pertumbuhan ekonomi di suatu daerah dapat menunjang dan mendukung dengan adanya kelengkapan infrastruktur.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x