Mohon tunggu...
Indah Dwi Rahayu
Indah Dwi Rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - Semesta Membaca Tinta yang Tertoreh

If I might share my opinion, this world is hell, and our task is to create our own heaven - Eka Kurniawan, Beauty Is a Wound.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Hari Pohon Sedunia, IMIP Tebar 5.000 Bibit Pohon Pelindung untuk Bahodopi

22 November 2021   10:17 Diperbarui: 22 November 2021   10:41 60 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Aksi menanam 5.000 pohon pelindung oleh IMIP. Sumber foto: kumparan/Palu Poso

Memperingati Hari Pohon Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 November setiap tahunnya, PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) kali ini menggelar aksi menanam pohon sebanyak 5.000 pohon pelindung. Penanaman pohon ini bertempat di Desa Labota, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah pada Minggu (21/11).

Adapun jenis jenis bibit yang ditanam adalah tanaman petai (Bitter bean), ketapang kencana (Madagascar almond) dan tanaman tanjung (Spanish cherry).

Dalam aksi penanaman pohon tersebut, diketahui PT IMIP melibatkan setidaknya 33 organisasi baik itu organisasi masyarakat, kepemudaan, organisasi kerukunan dan pemerhati lingkungan yang berbasis di Bahodopi. 

Mewakili manajemen PT IMIP, Thomas Deni Bintoro selaku Koordinator Community Relation (Comrel) Departemen External PT IMIP mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan pihaknya adalah bentuk nyata kepedulian terhadap lingkungan di Morowali. Penanaman pohon pelindung dikatakan adalah bagian dari program PT IMIP untuk menghijaukan desa yang berada di sekitar kawasan industri dan melestarikan lingkungan agar udara lebih sehat dan segar. 

Lebih lanjut, Deni mengatakan bahwa ke depannya IMIP akan selalu menggelar aksi-aksi positif seperti ini dengan mengajak pula organisasi kepemudaan sekitar untuk bantu melakukan monitoring terhadap tanaman yang telah ditanam agar tumbuh dengan baik.

Koordinator Community Development/CSR (Comdev/CSR) Departemen External PT IMIP yaitu Tommy Adi Prayogo menambahkan pula bahwa nantinya penanaman pohon tidak hanya di desa Labota namun juga ke 12 desa lingkar industri PT IMIP.

Penanaman pohon pelindung, dikatakan oleh Tommy, akan berlangsung secara bertahap hingga Desember. Dan tidak hanya sampai penanaman saja, pemeliharaan serta penyiraman tanaman juga terus dilakukan. 

Melihat aksi dari PT IMIP tersebut, Ahyar Aminuddin dari Kasi Pemerintahan Kecamatan Bahodopi yang mewakili Camat Bahodopi, Tahir, menyatakan pihak pemerintah akan mendukung aksi yang dilakukan IMIP bersama organisasi kepemudaan dan masyarakat yang ada di Bahodopi untuk kebaikan lingkungan sekitar. Seperti meminimalisir polusi debu.

Tak lupa pihak Kecamatan Bahodopi juga mengingatkan bahwa aksi penanaman pohon pelindung ini juga perlu disertai perawatan serta pemeliharaan. 

Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan