Mohon tunggu...
Indah Oktaviani
Indah Oktaviani Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Teknologi Digital

about me!💗

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Kualitas dan Relevansinya dalam Pelayanan Kesehatan

4 September 2025   22:23 Diperbarui: 4 September 2025   22:23 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

 1. Pengertian Kualitas

Kualitas adalah tingkat sejauh mana suatu produk, layanan, atau proses memenuhi standar tertentu, harapan pelanggan, atau kebutuhan yang telah ditentukan. Kualitas mencerminkan kesesuaian antara apa yang dihasilkan dengan apa yang diharapkan oleh pengguna atau pelanggan.

Menurut Para Ahli:

1. Juran (1993):Kualitas adalah "fitness for use" atau kecocokan untuk digunakan, yaitu sejauh mana produk atau layanan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.

2. Crosby (1979): Kualitas merupakan "conformance to requirements" atau kesesuaian dengan persyaratan.

3. Deming (1986): Kualitas adalah hasil dari proses berkesinambungan untuk memenuhi dan melebihi harapan pelanggan.

Karakteristik Kualitas:

1. Ketepatan:Bebas dari kesalahan, sesuai spesifikasi.

2. Keandalan: Konsisten dalam memberikan hasil yang sama.

3. Ketahanan: Mampu bertahan dalam jangka waktu tertentu.

4. Fungsionalitas: Dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun