Mohon tunggu...
Ina meinariniherdiyanti
Ina meinariniherdiyanti Mohon Tunggu... -

hello!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Permasalahan Pendidikan di Indonesia

10 November 2019   22:41 Diperbarui: 10 November 2019   22:53 0 0 0 Mohon Tunggu...

Isu pendidikan sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyakarat, hal ini dikarenakan banyak sekali permasalahan-permasalahan terutama mengenai permasalahan pendidikan. 

Padahal pendidikan sendiri merupakan tonggak kemajuan dari suatu bangsa, karena setiap Negara menginginkan Negaranya maju. Masih banyak Negara yang perlu menyelesaikan permasalahan pendidikan salah satunya yaitu Negara kita sendiri yaitu Indonesia yang masih memiliki permasalahan dalam aspek pendidikan.

Padahal selain menjadi tonggak kemajuan dari suatu Negara, pendidikan ini sanga penting bagi setiap Negara karena jika rendahnya pendidikan suatu Negara maka akan menjadi penghambat bagi pembentukan sumber daya yang memiliki kemampuan dan kualitas di atas rata-rata. Berikut adalah faktor yang menyebabkan munculnya permasalahan pendidikan dan rendahnya mutu pendidikan di Indonesia, yaitu:

  • Dana pendidikan yang kurang. Mengapa hal ini menjadi permasalahan pendidikan khususnya di Indonesia? Karena kurangnya dana yang tersebar akan menyebabkan pelaksanaan juga akan terhambat karena dana ini digunakan untuk membangun fasilitas belajar yang baik, sarana dan prasana, bahan ajar, dan alat penunjang pembelajaran lainnya. Jika dana pendidikan kurang maka nantinya akan menjadi faktor penghambat bagi pendidikan di Indonesia dan akan menjadi penghambat untuk meningkatkan mutu SDM di Indonesia.
  • Rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan. Kurangnya pemerataan pendidikan ini juga yang menjadi penghambat bagi pendidikan di Indonesia, karena masih adanya daerah yang belum mendapatkan pemerataan pendidikan yang setara.
  • Fasilitas yang kurang memadai. Yang menjadi permasalahan pendidikan di Indonesia adalah fasilitas pendidikan yang masih kurang memadai. Banyak sekolah-sekolah yang bangunannya sudah hampir rubuh, tidak memiliki fasilitas penunjang seperti meja belajar, buku, perlengkapan teknogologi, dan alat-alat penunjang lainnya yang menyebabkan pendidikan tidak dapat berkembang secara optimal.

Dengan demikian dari permasalahan atau isu pendidikan saat ini diharapkannya adanya solusi dari pemerintah untuk meminimalisir permasalahan pendidikan atau lebih baik lagi untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan yang ada sehingga permasalahan pendidikan dapat dibenahi dalam hal ini juga permasalahan dapat diselesaikan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dan menciptakan SDM yang berkualitas.