Mohon tunggu...
Ina Morinda
Ina Morinda Mohon Tunggu... Trainer Gender dan Lintas Iman

Trainer untuk gender, lintas iman. Peduli pada kesehatan dan mempraktekkan hidup sehat

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Apa Itu Virus Corona? Tips Terbebas Sebelum dan Sesudahnya

29 Januari 2020   11:44 Diperbarui: 29 Januari 2020   11:58 187 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu Virus Corona? Tips Terbebas Sebelum dan Sesudahnya
detik.com

Virus Corona atau Novel Coronavirus (2019-nCoV) telah menyebar dari kota Wuhan, provinsi Hubei Tiongkok ke berbagai wilayah, bahkan hingga lintas benua. Saya akan mengajak Anda untuk mengetahui apa sebenarnya Novel Coronavirus, sejauh mana penyebarannya dan tips terbebas sebelum dan sesudahnya.

Kita akan bersama-sama mengenal virus ini. 

Menurut WHO, jenis Virus Corona terbaru ini masih satu keluarga dengan Virus Corona penyebab dari SARS dan juga MERS. Selain itu, para peneliti juga menduga bahwa ular menjadi hewan liar yang paling mungkin untuk menjadi inang dari Novel Coronavirus 2019-nCoV ini. 

Penyakit ini diklasifikasikan sebagai penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia sebelum kemudian bisa juga menular dari manusia ke manusia. 

Hal ini kemudian ditakutkan karena penyebarannya bisa dilakukan salah satunya adalah jika seorang yang terjangkit Virus Corona ini mengalami bersin atau batuk. Kemudian, droplet-droplet yang ia hasilkan menempel. Dari sini Virus Corona bisa tersebar atau ditularkan kepada manusia lainnya.

Namun, bagaimana Virus Corona terbaru ini bisa berdaptasi di hewan berdarah dingin seperti ular yang memang dimungkinkan menjadi inang dari virus ini? Bagaimana juga virus ini bisa bertahan atau beradaptasi pada mamalia berdarah panas seperti manusia masih menjadi misteri.

Apa Gejala-Gejala Novel Coronavirus 2019-nCoV?

Menurut WHO, tanda-tanda infeksi Virus Corona di antaranya adalah demam, batuk, sesak nafas dan kesulitan bernafas. Dalam kasus yang lebih parah, Virus Corona dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernafasan akut, gagal ginjal, bahkan kematian. 

Masa inkubasi Virus Corona masih belum diketahui. Beberapa sumber mengatakan itu bisa antara 10 - 14 hari. 

Sebaran Novel Coronavirus 2019-nCoV

Kita akan melihat bersama bagaimana sebaran dari Novel Coronavirus 2019-nCoV ini. Kita tahu bersama bahwa pusatnya ada di kota Wuhan yang diduga berasal dari Pasar Seafood Huanan. Pasar ini telah dinyatakan ditutup oleh pemerintah di sana.

Dalam beberapa minggu virus ini juga sudah cepat tersebar ke banyak wilayah di Tiongkok. Kita bisa lihat ada ke beberapa bagian atau beberapa negara bagian yang ada di Tiongkok. 

Bukan hanya itu saja, penyakit ini juga telah menyebar hingga ke luar negeri seperti di antaranya menuju ke Hongkong. Kemudian ada juga temuan kasus virus ini di Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, Singapura. Terjauh adalah di Washington, Amerika Serikat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x