Mohon tunggu...
IMPALA UB
IMPALA UB Mohon Tunggu... Lainnya - Unit Kegiatan Mahasiswa IMPALA UB

Ikatan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Brawijaya | Kota Malang

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Merayu Serayu, Pengarungan Sungai Serayu, Banjarnegara, Jawa Tengah

14 Mei 2022   19:58 Diperbarui: 14 Mei 2022   20:12 86 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengarungan Sungai Serayu, Banjarnegara, Jawa Tengah. Dok. Tim Enhancement ORAD IMPALA UB

Sore itu, setelah ketua umum menyampaikan pesan pesan dan diakhiri dengan pekik “Bravo!”, kami Tim Enhancement Olahraga Arus Deras IMPALA UB dilepas untuk melakukan kegiatan di Sungai Serayu, Banjarnegara, Jawa Tengah selama 6 hari dengan alokasi waktu lapang 4 hari, 2 hari untuk perjalanan. 

Dengan tim beranggotakan 6 orang yang terdiri dari 5 Anggota Biasa dan 1 Anggota Muda kami bersiap menuju terminal Arjosari untuk menaiki bus jurusan Banjarnegara. Ada aku (Ahnaf), Nafis, Theo, Mila, Ifa dan Gloria dalam tim ini. 

Semua perlengkapan dan logistic telah kami siapkan beberapa hari sebelumnya, dari perizinan hingga bahan makanan. Setelah semua siap, kami diantar oleh rekan rekan menuju Terminal Arjosari. Fyuh, akhirnya kami akan melakukan pengarungan di luar Jawa Timur, suatu kebanggan bagi kami.

Dalam kegiatan kali ini sedikit berbeda, karena kegiatan dilakukan di bulan Ramadhan. Sesampai di terminal Arjosari, kami menyempatkan waktu untuk berbuka sembari menunggu bus. Kami membagi tugas, Mila mengurus tiket bus dan sisanya meloading peralatan dan logistik ke dalam bagasi bus. 

Cukup menguras tenaga, karena barang yang kami bawa cukup banyak, ada 2 perahu dan beberapa carier yang berisi peralatan dan logistic. Tampak bagasi bus sedikit penuh dengan barang bawaan kami, semuanya sudah masuk bagasi dan kami segera masuk ke dalam bus. 

Kami mendapat tempat duduk dibagian belakang. Perkiraan kami akan sampai di Banjarnegara subuh esok hari. Perjalanan yang cukup panjang bagi kami.

Tim Enhancement ORAD IMPALA UB saat di Terminal Arjosari, Kota Malang. Dok. Tim Enhancement ORAD IMPALA UB
Tim Enhancement ORAD IMPALA UB saat di Terminal Arjosari, Kota Malang. Dok. Tim Enhancement ORAD IMPALA UB

Mendung muram menyambut kami di Banjarnegara. Sang mentari tidak kunjung menampakkan sinarnya. Yap, kami sudah sampai di Banjarnegara. Kami turun di pertigaan Singomerto, Banjarnegara. Hawa dingin diselimuti dengan embun pagi khas dataran tinggi menemani perjalanan kami menuju basecamp. Lokasi basecamp dengan pertigaan Singomerto tidak terlampau jauh, hanya sekitar 10 menit. 

Kami diantar oleh Mbah Haryo, seorang supir angkot lokal yang sudah kami hubungi sebelumnya.

Sesampai di basecamp, Theo mengurus administrasi dan kami mempersiapkan peralatan serta logistik. Yap, kami akan segera melakukan pengarungan. Sesuai scenario, di hari pertama ini kami akan melakukan pengarungan Sungai Serayu Bawah, survey jalur dan mencari spot untuk aplikasi materi esok hari. 

Di pengarungan pertama ini kami gunakan sebagai pemanasan juga, maklum sudah cukup lama tidak turun ke sungai dengan grade cukup tinggi. Setelah semua beres, kami bergegas menuju bibir sungai. Oh ya, dalam pengarungan ini kami ditemani dua warga lokal yaitu Mas Dian dan Mas Joni.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan