Ular tangga merupakan permainan anak-anak yang dimainkan bersama dua orang atau lebih. Ular tangga awalnya dikenal sebagai Mokhsa Patam, adalah permainan papan kuno India yang sekarang sebagai permainan klasik di seluruh dunia. Selain sebagai hiburan, permainan ini dapat mengasah kemampuan penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan individu karena permainan ular tangga menuntut akal pikiran para peserta untuk dapat membuat strategi kemenangan.Â
Dalam konteks psikologi kognitif, pengambilan keputusan yang rasional dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pemrosesan informasi, penilaian risiko, dan penggunaan strategi berpikir. Individu diberi pengalaman langsung dalam menghadapi situasi mengambil keputusan yang sederhana dan bermakna. Mari kita mengulik bagaimana permainan ular tangga dapat menjadi sarana mengasah kemampuan problem solving individu.
Kegiatan ini dilakukan bersama mahasiswa Program Studi Psikologi UKMC. Kegiatan ini dilaksanakan pada 27 Maret 2025 -- 24 April 2025, dengan sasaran utama anak-anak dan remaja awal. Kegiatan ini dilakukan di beberapa tempat, yaitu kampus Universitas Katolik Musi Charitas, SD Xaverius 1 Palembang, dan Seminari Menengah Santo Paulus Palembang
Apa hubungan antara permainan ular tangga dengan kemampuan problem solving?
Di dalam permainan ular tangga tidak hanya soal keberuntungan dalam melempar dadu dan berpindah tempat, tetapi terdapat proses berpikir yang terjadi. Pemain harus memahami aturan, menghitung langkah, dan menyesuaikan strategi dengan situasi yang sedang dihadapi. Terkadang harus menaiki tangga, terkadang juga mundur dikarenakan terkena ular. Semua itu menuntut pemain untuk mengambil keputusan cepat dan siap menerima konsekuensinya.
Bagaimana cara bermainnya?
Sebelum memulai permainan, setiap pemain akan diberikan pre-test dan dilanjutkan dengan melempar dadu secara bergiliran untuk menentukan langkah. Pemain yang berada di kotak berwarna merah, akan mendapatkan hukuman seperti bernyanyi, menari, atau menirukan suara hewan sesuai dengan keputusan dipilih pemain. Pemain yang berada di kotak bergambar tangga akan naik ke kotak yang lebih tinggi sesuai arah tangga tersebut, namun pemain yang menginjak kepala ular akan turun ke kotak yang lebih rendah dan akan menjawab pertanyaan seputar kemampuan kognitif dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan yang diberikan oleh penyelenggara permainan. Pemain yang berhasil mencapai posisi "Win" terlebih dahulu adalah pemenang dan akan mendapatkan hadiah. Setelah permainan berakhir, setiap pemain akan diberikan post-test.
Hasil