Mohon tunggu...
Muda Artikel Utama

Kebijakan Baru SBMPTN 2018? Siapa Takut

10 April 2018   22:50 Diperbarui: 11 April 2018   07:21 0 7 1 Mohon Tunggu...
Kebijakan Baru SBMPTN 2018? Siapa Takut
profesi-unm.com

SBMPTN.

Wait. Seperti pernah dengar dan pernah mengalami *ehh. Nggak-nggak, ingat kok. Ujian sekelas Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri nggak akan bisa terlupakan.

Untuk kamu yang masih bingung dengan apa itu SBMPTN? Insya Allah bacaan ini sedikit banyak bisa membantu kamu untuk memahamkan apa itu SBMPTN. Sebagai orang yang sudah mengalami betapa sengitnya persaingan di SBMPTN, saya paham betul suka dukanya ikut ujian yang satu ini.

Menurut Wikipedia, SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional.

Namun, sekarang ini tidak hanya ada ujian tulis dengan paper, ada juga ujian tulis dengan komputer seperti halnya Ujian Nasional Berbasis Komputer. Kalau saya dulu, saya memilih ujian secara paper saja. Sebernarnya memilih ujian dengan papermaupun komputer itu sama saja tergantung kamu nyamannya dimana *eaa. Kalau saya nyaman pakai paper *hehe.

Untuk SBMPTN tahun 2018 ini, ada istilah UTBK dan UTBC. UTBK merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer sedangkan UTBC adalah Ujian Tulis Berbasis Cetak. Selain itu, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ada UTBK android yang dikhususkan untuk Panlok Bandung dengan kuota yang masih terbatas.

Jadi, ujian ini menggunakan perangkat bergerak (tablet atau telepon pintar) berbasis android yang dibawa sendiri oleh peserta ujian. Tentu dengan spesifikasi android tertentu.

Wah, menanggapi model ujian yang baru ini sebernarnya tidak begitu tabu ya. Kalau kalian sering latihan soal-soal SBMPTN yang ada di aplikasi playstore mungkin sudah sangat terbiasa. Atau mungkin yang ikut bimbingan belajar online. Sebagian besar aktivitas belajarnya juga menggunakan gawai.

Menurut saya, ini merupakan sebuah keuntungan bagi kamu yang sudah terbiasa belajar menggunakan gawai. Tidak bisa dipungkiri seiring berkembangnya teknologi, kita pasti merasa lebih nyaman dan santai jika menggunakan alat yang setiap harinya kita gunakan.

Materi yang diujikan tetap sama seperti sebelumnya, Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi, Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora, dan Ujian Keterampilan yang dikhususkan untuk kamu yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan. Dan ada pula ujian campuran dengan materi TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Hal yang menarik bagi saya di SBMPTN 2018 ini adalah sistem penilaian yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.  Saya mengikuti akun Instagram @masukkampus. Dalam postingan terbarunya terdapat sistem penilaian SBMPTN yang terbaru yang dilansir dari akun twitter @SekreSBMPTN.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x