Mohon tunggu...
Imam Syarifudin Syah
Imam Syarifudin Syah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bercermin adalah panutan hati

menjadi mahasiswa itu privillage yang tidak semua orang bisa mendapatkannya, oleh karena itu saya imam syarifudin syah mahasiswa dari salah satu perguruan di cirebon ingin menggunakan privillage tersebut untuk mengasah kemampuan saya salah satunya yaitu kepenulisan. salah satu yang biasa saya tulis tentang puisi,prosa serta cerpen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

2023 Mahasiswa Harus Punya Skill

6 Januari 2023   19:30 Diperbarui: 6 Januari 2023   19:41 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menjadi mahasiswa adalah sebuah anugerah yang tidak semua bisa merasakannya. Mahasiswa bukan hanya pulang dan pergi saja dalam proses kegiatan belajar mengajar, namun harus dibarengi dengan skill yang mumpuni. dengan mempunyai skill yang mumpuni kita bisa dibutuhkan oleh semua lembaga intitusi. 

Lantas kemampuan apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang karier mahasiswa itu. 

1. Terampil penggunaaan bahasa asing

          Bahasa asing dijadikan sebagai aset terpenting dalam bertumbuh karier mahasiswa, karena dengan memahami percakapan orang asing kita tidak akan kebinggungan dalam meresponnya juga tidak mudah diperbodoh oleh orang lain.

2. Mempunyai keterampilan menulis

        Menulis sebuah seni untuk meluapkan semua keluh kesah yang dirasakan dalam kehidupannya, tulisan yang kita buat dijadikan sebagai sarana untuk mempertajak intelektual kita serta sebagai sarana untuk menjadikan sebagai kenangan dikemudian hari.

3 . Kemampuan desain grafis

             dijaman sekarang terkadang belum seni gambar bukan hanya dalam bentukan gambar tulisan tangan, melainkan sudah menggunakan kecanggihan teknologi yang digunakan. dengan memanfaatkan fitur-fitur aplikasi yang didukung seperti canva, adorable illustrasion serta lainnya, mempermudah untuk penggunaaanya. 

4. Cakap akan komunikasi

       Komunikasi itu penting untuk mempermudah pemahaman akan apa yang dirasakan, komunikasi juga bisa dikatakan sebagai seni untuk bisa membuat seseorang menyukai atau melakukan apa yang kita perintah. 

5. Kepemimpinan

      Memiliki kemampuan untuk mengatur seseorang untuk melakukan apa yang kita perintah sesuai dengan standar operasional perusahaan itu dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. sebab dengan kemampuan memimpin yang baik maka perusahaan akan berjalan dengan baik pula.


jadi sudahkah kalian memiliki semuanya? jikalau belum mumpung masih ada waktu, mari kita belajar untuk menggapainya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun